Artikel tentang Ilmu Komputer

Artikel tentang Ilmu Komputer
Artikel Komputer : Artikel tentang Ilmu Komputer

Komputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari ilmu yang berhubungan dengan komputer. Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

CSAB (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer:
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:

  1. Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem 
  1. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep 
  1. Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya 
  1. Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
  • Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures) 
  • Arsitektur (Architecture) 
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) 
  • Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics) 
  • Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction) 
  • Organisasi Informatika (Organizational Informatics) 
  • Bahasa Pemrograman (Programming Languages) 
  • Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks) 
  • Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems) 
  • Grafika Komputer (Computer graphics) 
  • Ilmu Komputasi (Computational Sciences) 
  • BioInformatik (BioInformatics)
  1. Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data. 
  1. Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru. 
  1. Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. 
  1. Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer. 
  1. Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).

Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah:

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya. Atau definisi lain Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekomplekan sebuah komputer.

Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer . Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM (http://acm.org) dan IEEE Computer Society (http://computer.org). Ia mendefinisikan bahwa :

Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

Dennings juga mengklasifikasi bidang  ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Karena kecanggihan teknologi komputer terus berkembang, maka dari 12 subbidang diatas dimungkinkan terus bertambah.
Dibanding dengan definisi CSAB diatas, Dennings menggambarkan bahwa ilmu komputer dapat direfleksikan dalam tiga hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), dan Desain (Design)
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
Beberapa persepsi yang kurang tepat tentang Ilmu Komputer terangkum seperti :
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.

Bagikan ke