Artikel Perawatan Komputer

Tuesday, April 10th, 2012 - Artikel Komputer
Artikel Perawatan KomputerArtikel Komputer : Artikel Perawatan Komputer

Berbicara masalah Perawatan Komputer dapat digolongkan kedalam dua bagian yang terdiri dari hardware dan sofware. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang sering kita lupakan kaitannya dengan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC, yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Kalau untuk manusia perawatan itu ada dua sisi yaitu rohani dan jasmani. Begitu juga dalam hal merawat komputer.. ada dua hal juga yang harus diperhatikan yaitu sisi software dan hardware.

1. Pertama dari sudut hardware

Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekal.

  • Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakai dalam waktu lama.
  • Untuk mengantisipasi mati listrik secara tiba-tiba, pakailah STAVOLT atau UPS.
  • Gunakan pendingin ruangan. Kalau nggak punya duit bisa memakai Sirip Pendingin dan dan Coolling Fan Ekstra
  • Hindarkan komputermu dengan alat yang dapat memancarkan medan magnet.

2.   Sedangkan dari Segi Software

  • Lengkapi komputer dengan software antivirus gratis terbaik. Tapi mencegah lebih baik dari mengobati, maka dari pada itu untuk mencegah virus .
  • Defrag selalu harddiskmu. Supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan. 
  • Setelah defrag juga akan lebih baik menggunakan Disk Cleanup. Dengam fasilitas default dari windows
  • Tidak sesuainya OS, Aplikasi dan volume data dengan spesifikasi Komputer yang digunakan. Sering menggunakan komputer untuk game-game kelas berat… wah2… kayak tinju saja. Menjalankan game pada PC akan banyak menghasilkan space-space Fragment dan file-file temporary yang memperlambat kinerja komputer.
  • Virus. Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada komputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang. Kalau sudah macet tidak ada cara lain selain menekan tombol Restart pada CPU. Apabila ini sering terjadi otomatis CPU sering mati tanpa proses ShutDown yang berarti akan memperpendek umur komputer khususnya Harddisk. Biasanya virus ditularkan melalui Flashdisk dan Internet bagi PC yang sering terkoneksi Internet. Selain itu tips pemilihan anti virus yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi kinerja komputer.

Kata Kunci :

materi maintenance hardware,Artikel perawatan komputer,artikel tentang perawatan hardisk secara software dan hardware,artiikel cara merawat komputer,materi cara perawatan PC komputer,materi maintenance komputer,materi maintenance pada pc,materi perwatan dan maintanance pc,perawatan dari sisi software,perawatan jaringan internet software dan hardware,makalah tentang komputer hardware permasalahan dan pemeliharaan,makalah perawatan pc dan periferal,dalam perawatan hard disk ada dua sisi yaitu perawatan secara hardware dan software jelaskan,contoh makalah perawatan pc dengang menggunakan disk defragmenter,CARA TROUBLESHOOTING MOTHERBOARD,cara maintenance komputer,artikel prosedur dalam perawatan komputer,artikel perawatan periferal komputer,artikel mengenai perawatan pc dan periferal,artikel cara merawat komputer
Artikel Perawatan Komputer | admin | 4.5