Canine Assisted Robot Deployment

Wednesday, April 18th, 2012 - Artikel Teknologi
Canine Assisted Robot Deployment – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada kesempatan malam yang sangat baik saya admin it-artikel.com akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Canine Assisted Robot Deployment.
Canine Assisted Robot Deployment

Canine Assisted Robot Deployment

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi.

Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.

Sistem yang disebut CARD (Canine Assisted Robot Deployment), dilengkapi dengan fitur kamera yang menyerupai seekor ular yang di lekatkan didada anjing yang telah terlatih untuk bidang ini. Anjing ini kemudian dilepaskan untuk menemukan korban selamat.

Salah satu dari sekian banyak peneliti, Carnegie Mellon’s Robotics Lab dan Ryerson University’s Network-Centric Applied Research Team, dimana sistem ini di buat untuk memudahkan tim penyelamat dalam mencari korban. Sistem ini didesain menyerupai ular yang dapat memasuki daerah yang sulit dijangkau oleh manusia.

Dunia ini memang selalu di timpa bencana, baik itu Kebakaran, Tsunami, Gunung Merapi, Gempa dan banyak lagi. Oleh karena itu jika dilihat dari sisi kehidupan mederen, manusia dituntut untuk terus menciptakan sebuah teknologi baik dalam bentuk sistem pemantau gejala alam maupun sistem pasca bencana.

Ketika anjing menemukan korban, robot kemudian melompat keluar dari dada anjing ini dan akan bekerja dengan cara manuver jalan melalui celah-celah dan ruang-ruang kecil untuk mengirim kembali audio dan visual untuk tim penyelamat. Para peneliti robot mengatakan mereka dapat menyesuaikan sistem, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Demikianlah artikel tentang Canine Assisted Robot Deployment, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di it-artikel.com
Canine Assisted Robot Deployment | admin | 4.5
Leave a Reply