Instalasi Jaringan Komputer


Sejarah Jaringan Komputer : Instalasi Jaringan Komputer

Instalasi Jaringan Komputer berpusat pada Pengalamatan IP address. Pengalamatan 32-bit IP adalah pengalamatan yang terstruktur, kebalikan dari pengalamatan flat. Keuntungan dari pengalamatan terstruktur ini adalah kemampuannya yang bisa menangani pengalamatan yang sangat besar, yaitu 4,3 Milyar. Skema pengalamatan hierarki terstruktur oleh  network dan host atau network, subnet dan host. 

Alamat IP terdiri atas 32 bit informasi. Bit ini terbagi menjadi 4 bagian, yang dikenal sebagai octet atau byte, dimana masing-masing terdiri atas 1 byte (8 bit). Pengalamatan IP dapat digambarkan dengan tiga metode
  • Dotted-decimal, seperti 172.16.30.56

  • Biner, seperti 10101100.00010000.00011110.00111000
  • Heksadesimal, seperti AC.10.1E.38
Konfigurasi IP Adress

  • Mengklik Start/Control Panel/Network Connections/Local Area Connection.
 Gambar Local Area Conection Propesties

  • Setelah dialog Protocol (TCP/IP) Properties tampil, memilih opsi Use the following IP address.Kemudian memasukkan IP address yang ingin digunakan beserta subnet mask-nya (IP static), klik OK


                                                           Gambar Pengisian IP Address


  Pengujian
1. Pengujian Perangkat Jaringan
  • Dilakukan dengan menguji apakah kabel jaringan yang akan digunakan bagus atau tidak , dengan menggunakan lan tester.  Jika lampu LED 1 sampai 8 berkedip, maka kabel jaringan siap untuk digunakan.  
2. Pengujian Sistem
  •    Menguji apakah komputer yang satu dengan komputer yang lain dapat saling berhubungan atau tidak. Pengujian ini dilakukan dengan CMD.EXE, dengan menuliskan PING dilanjutkan dengan alamat IP Address computer yang dituju. Langkah-langkahnya yaitu klik Start - Run - Ping 192.168.X.X, kemudian klik Ok.
Jika komputer yang satu dengan komputer lainnya sudah connect maka akan muncul balasan dengan kata “Replay”   maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Gambar Tampilan Ping Berhasil

Sedangkan Jika komputer yang satu dengan komputer lainnya tidak  connect maka akan muncul balasan dengan kata “RTO”   maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :

 Gambar Ping tidak Berhasil


Bagikan ke