Modul Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan Komputer : Modul Jaringan Komputer

Modul I Jaringan Komputer
TIK      : Setelah mengikuti praktikum siswa diharapkan dapat memahami jaringan komputer

Pendahuluan

Jaringan (network) adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan berbagi peralatan yang dapat diakses secara bersama-sama. Secara topologi komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya dibagi menjadi empat, yaitu topologi bintang (star), topologi cincin (ring), topologi bus (bus). Adapun bentuk masing-masing topologi dapat dilihat pada gambar di bawah ini 


 Gambar Topologi Star



 Gambar Topologi Ring



Gambar Topologi Bus

Agar dapat berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya diperlukan sebuah protokol jaringan. Protokol jaringan yang digunakan yang digunakan adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP disamping protokol berlapis juga mengikuti standar ISO (International Organization of Standard) dan OSI (Open System Interconnection) yang memungkinkan untuk berkomunikasi seluruh dunia walaupun platform yang digunakan berbeda-beda. OSI menerapkan 7 lapis (layer), namun oleh TCP/IP diringkas menjadi 5 lapis saja.

Untuk dapat mengenali satu komputer dengan komputer lainnya maka masing-masing komputer tersebut oleh TCP/IP diberi alamat IP. Pengalamatan IP ini berupa nomor 32 bit yang terdiri atas alamat subnet (field netid)dan host (field hostid). Agar tidak membingungkan maka IP diorganisasikan atas beberapa klas, dimana :


  •  Kelas A : jika oktet pertama mempunyai nilai 0 s/d 127, yang mendukung 16.777.214 host 
  •  Kelas B : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 128 s/d 191, yang mendukung 65.543 host
  • klas C : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 192 s/d 223, yang mendukung 254 host dengan 2.097,92 alamat klas C.
  1.  Hidupkan komputer dan login dengan mengisikan user name dan password yang telah disediakan
  2. Pastikan komputer yang saudara hadapi memiliki ikon Network Neibourhood pada desktopnya (Jika belum harap lapor pada asisten atau administrator). 
  3.  Klik satu kali ikon tersebut kemudian klik kanan dan pilih “properties”
  4. Setelah muncul dialog Network, kemudian pada group Configuration lakukan pengecekan komponen yang terinstalasi. Catat masing-masing komponen tersebut.
  5. Pastikan bahwa komponen yang terinstalasi tersebut terdapat TCP/IP komponen (Jika tidak ada harap lapor ke asisten atau administrator). 
  6. Klik komponen TCP/IP tersebut dan kemudian klik tombol properties. Setelah muncul dialog TCP/IP Properties kemudian pilihlah IP Address. Catat IP address komputer saudara beserta subnet mask. Setelah itu klik tombol cancel (jika komputer saudara belum memiliki IP Address segera lapor ke asisten atau administrator).
  7. Kemudian pindah ke group Identification. Catatlah Computer Name dan workgroupnya. Setelah itu tekan cancel.
  8. Pada ikon Network Neighborhood klik 2 kali. Setelah itu akan muncul dialog Network Neighborhood. Pada dialog tersebut akan terlihat komputer-komputer client lainnya (jika belum kelihatan lapor pada asisten atau administrator). Simpan dialog ini pada clipboard dengan cara klik satu kali dialog tersebut, kemudian tekan alt-printscreen bersamaan. Setelah itu buka wordpad atau MSWord dan keluarkan hasilnya dengan menekan ctrl-v bersamaan. Simpan file tersebut untuk laporan saudara.     
  9. Pada dialog Network Neighborhood klik ikon Entire Network satu kali. Setelah itu simpan dialog tersebut pada MSWord atau Word Pad dengan cara sebagaimana no 8 di atas.
  10. Bukalah windows console (Start-Program-MS-DOS Prompt), kemudian maksimalkan
  11. Lakukan proses uji sendiri dengan mengetikkan perintah Ping 127.0.0.1     <enter
  12. Catat hasilnya. Kemudian lakukan dengan IP yang lain (komputer teman saudara), lakukan minimal 5 kali untuk alamat IP yang berbeda 
  13. Lakukan perintah ping dengan menggunakan nama komputernya (host), catat hasilnya. Dan lakukan minimal 5 kali untuk host yang berbeda.

Workshop 
  1.  Entire Network : Client  to Client
  • Catatan : Setelah melaksanakan instruksi nomer 8 dan 9 saudara mempunyai 2 buah data dialog yang berkenaan dengan daftar client dan workgroupnya

    Perintah - perintah pada network

     
    Perintah NET dan NETSTAT

    1.    Ketikkan NET TIME \\(nama host) kemudian catat hasilnya
    2.    Ketikkan NET VIEW kemudian catat hasilnya
    3.    Ketikkan NET CONFIG kemudian catat hasilnya
    4.    Ketik NETSTAT /? Kemudian amati hasilnya
    5.    ketik NETSTAT –a, kemudian catat hasilnya
    6.    Lakukan hal yang sama untuk –e, -n, -s dan –r

    Client Server

    1.    Dengan perintah PING, NET dan NETSTAT ulangi langkah 11 sampai dengan 19 untuk komunikasi dengan server (nama server, IP address server dapat saudara tanyakan langsung pada asisten atau administrator)








Bagikan ke