Tutorial Windows 7

Tutorial Windows 7 – Semakin pesatnya dunia teknologi dan berkembangnya perteknologian di Indonesia khususnya di bidang perkomputeran, dan banyaknya beredar jenis system operasi termasuk windows 7 merupakan salah satu alas an dari penulis menyusun makalah ini. Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 adalah sistem operasi terbaru keluaran Micosoft. Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 jauh lebih ringan loadingnya tetapi vitur yang ditawarkan jauh lebih banyak. Dengan berbagai penyempurnaan disana-sini windows 7 tampil elegant dan banyak diminati para user. Menutur penuturan Wikipedia disebutkan bahwa Windows ini memiliki kernel NT 6.1.

Tutorial Windows 7

Tutorial Windows 7

Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan tiga lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. Dengan kata lain, windows 7 hadir dengan berbagai kelebihannya yang tidak dimiliki oleh windows-windows sebelumnya.

Fitur Windows 7

  1. Action Center, memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen
  2. Aero Shake, Klik dan goyangkan satu jendela atau Windows yang sedang terbuka, maka program ataupun windows lainya yang berada di belakang akan secara otomatis ter-Minimize
  3. Aero Snap, drag salah windows ke salah satu ujung desktop (atas, kiri atau kanan) maka secara otomatis Windows tersebut akan me-resize.
  4. Aero Peek, Arahkan mouse anda ke ujung bawah sebelah kanan maka secara otomatis windows atau program yang sedang aktif akan menjadi transfaran sehingga anda bisa melihat gadget atau icon yang ada di desktop atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+Space
  5. Aero Templates dan Theme, kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu “C:\Windows\Globalization\MCT” tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris, sampai Afrika.
  6.  Device Stage, fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.
  7.  Gadgets, telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.
  8. Libraries, sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.
  9. Location Aware Printing, sangat berguna terutama bila anda sering menggunakan laptop anda berpindah-pindah tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika anda berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.
  10.  Windows Media Player 12, kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.
  11. Windows Touch, kalau anda punya laptop yang touchscreen maka Windows 7 telah mendukung fitur touchscreen tersebut.
  12. Windows XP Mode, memungkinkan kita untuk menjalankan Sesi XP untuk program-program yang memang tidak kompetible dengan Windows 7.

Demikianlah artikel tentang Tutorial Windows 7, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya.

Tutorial Windows 7 | admin | 4.5
Leave a Reply