Makalah Tentang Jaringan Komputer

Modul Jaringan Komputer : Makalah Tentang Jaringan Komputer

Makalah

Jaringan Komputer dan Komunikasi data







OLEH

SYUKRI
D4107022


PROGRAM D3 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
2009

KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah dan seizin-Nyalah sehingga Tugas Akhir yang berjudul ”MEMBANGUN JARINGAN LAN Di SMA NEGERI 21 MAKASSAR” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.  makalah  disusun untuk memenuhi tugas matakuliah sistem jaringan komputer  Fakultas teknik Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. 

Dalam penyususa makalah  ini, penulis menerima banyak bantuan, baik material maupun spiritual.  Menyadari bahwa kemampuan masih sangat terbatas sehingga proyek akhir ini tidak luput dari kekurangan dan kekeliruan, Oleh karena itu segala kritik dan saran yang sifatnya membangun akan diterima dengan senang hati demi penyempurnaan makalah ini.

Akhirnya penyusun menyadari bahwa keberhasilan ini berkat usaha dan kerja sama yang baik dan disertai dengan doa kepada Allah SWT. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca utamanya pada diri penyusun sendiri. Amin.
                           
BAB I
PENDAHULUAN

Definisi Jaringan Komputer

Jaringan KomputeJaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, atau bahkan jutaan node.

Dalam jaringan komputer, pembahasan dilihat dari dua aspek, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam perangkat keras pengenalan meliputi jenis transmisi, dan bentuk-bentuk jaringan komputer atau topologi. Sedangkan dalam pembahasan perangkat lunaknya akan meliputi susunan protokol dan perjalanan data dari satu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

Prinsip Komunikasi data
Teknologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer baik dalam skala besar ataupun kecil pasti mempunyai aturan-aturan baku atau prinsip-prinsip baku dalam komunikasi data. Jadi untuk berkomunikasi saling mengirim dan saling menerima antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dibutuhkan saling pengertian antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Sehingga didalam komunikasi data dibutuhkan penerjemah (interpreter) yang disebut dengan protokol untuk mencapai pengertian yang sama antara komputer satu dengan yang lain.


BAB II 
PEMBAHASAN

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :
  1. Local Area Network (LAN) , merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
  2. Metropolitan Area Network (MAN) ,  pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.
  3. Wide Area Network (WAN) , jangkauannya mecakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
  4. Internet , pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
  5. Jaringan Tanpa Kabel , merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 
Prinsip Komunikasi Data

Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.

Komponen Komunikasi Data

1.    Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
2.    Penerima, adalah piranti yang menerima data
3.    Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
4.    Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
5.    Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.

Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

Fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar.
Terdiri atas 7 layer (lapisan) yang mendefinisikan fungsi. Untuk tiap layernya dapat terdiri atas sejumlah protocol yang berbeda, masing-masing menyediakan pelayanan yang sesuai dengan fungsi layer tersebut.
1.    Application Layer:
2.    Presentation Layer:
3.    Session Layer:
4.    Transport Layer:
5.    Network Layer.
6.    Data-link Layer.
7.    Physical Layer


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
  1. Jaringan komputer dapat dibagi kedalam 5 jenis antara lain : 1.LAN,2. MAN,3.WAN,4.INTERNET,5.Jaringan Tanpa Kabel
  2. Layer Protol terdiri dari tujuh bagian antara lain : 1. Aplication Layer,2. Presentation Layer,3. Session Layer,4.Transport Layer,5.Network Layer,6.Data Link Layer,7. Pysical Layer.

Bagikan ke