Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Jaringan Komputer – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada sore hari kembali saya akan membagikan update artikel terbaru dengan Judul Pengertian Topologi Komputer. Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

 

Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. ada banyak macam topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, dan tree yang akan dibahas di blog belajar komputer ini.

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi.
Artikel ini akan membahas tentang pengertian Topologi Jaringan yang diambil dari beberapa sumber antara lain :

Topologi Jaringan Komputer
Topologi mendefinisikan peta dari jaringan. Topologi jaringan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu topologi fisikal dan topologi logical Membahas berbagai macam topologi, namun didalam tugas akhir ini penulis berinisiatif merancang jaringan dengan menggunakan topologi star.

1. Topologi Jaringan

Topologi jaringan menjelaskan struktur dari suatu jaringan komputer. Satu bagian dari definisi topologi adalah physical topology, dimana merupakan suatu layout aktual dari kabel. atau media. Bagian lainnya adalah logical topology, yang menjelaskan bagaimana host-host mengakses media untuk mengirim data.
 
2. Definisi Topologi

Topologi adalah istilah yang digunakan utk menggambarkan bagaimana cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras (hardware) jaringan, sedangkan topologi logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan dari sudut pandang operator manusianya (brainware). Pada pokok bahasan kali ini kita akan mengupas mengenai Topologi Jaringan secara Fisik.

3. Pengertian Topologi

Topologi jaringan atau arsitektur jaringan adalah gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network yang umumnya menggunakan kabel (sebagai media transmisi), dengan konektor, Ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya. Dede Sopandi (2004) membagi topologi jaringan berdasarkan fungsinya, yakni: topologi fisik dan topologi logic.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply