Aplikasi Jaringan Komputer

Sunday, July 1st, 2012 - Jaringan Komputer
Aplikasi Jaringan Komputer – Aplikasi Jaringan dalam komputer merupakan sekumpulan peralatan komputer,printer,dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data terhubung melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat berinteraksi berupa pertukaran data ,mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer,software,dan perangkat jaringan lainnya yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama.
Aplikasi Jaringan Komputer

Aplikasi Jaringan Komputer

1. Sejarah Jaringan Komputer

Sejak mengenal internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft yang dapat menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer di haruskan melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
2. Tujuan Jaringan Komputer
  • Membagi sumber daya : contohnya berbagi pemakaian printer,CPU,memory,dan hardisk
  • Komunikasi : contohnya surat elektronik,instant messaging,dan chatting
  • Akses Informasi : contohnya web brosing
  • Agar dapat mencapai tujuan yang sama ,setiap bagian dari jaringan computer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta /menerima layanan disebut klien (client),dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer.
3. Klasifikasi Jaringan Komputer
a. Berdasarkan Skala:
  • Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer sampai ratusan komputer disuatu kantor atau gedung merupakan jaringan lokal atau disebut Local Area Network (LAN).
  • Prinsip sama engan LAN hanya saja jaraknya lebih luas ,yaitu 10-50 km,disebut Metropolitant Area Network (MAN)
  • LAN yang terpisah dapat dihubungkan menggunakan jalur komunikasi tertentu, jaraknya antar kota,negara,dan benua misalnya jalur telepon /internet. Hasilnya berupa jaringan luas atau Wide Area Network (WAN).
b. Berdasarkan Fungsi:
  • Client-Server yaitu jaringan computer dengan computer yang di dedikasikan khusus sebagai server . Sebuah service /layanan dapat diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.
    Contohnya: sebuah domain www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server,ataupun yang dapat diberikan oleh satu komputer seperti server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi server ,web server,file server,database dan lannya.
  • Peer-to-Peer yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
Contonya dalam file sharing antar komputer di jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D,dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya.Dengan gambaran ,pada suatu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi askses file soal_uts.doc kepada C,saat A mengankses file dari B maka Aberfungsi sebagai client dan saat A mengakses file kapada C maka A berfungsi sebagai server ,kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan ,maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
4. aplikasi jaringan komputer
  • Client C, Client E sedang print document pada printer di Client A
  • Client F sedang print document pada printer di Client B
  • Client A,B,C,D,E,F dapat saling berkomunikasi.
  • Client G mengakses data pada Server dikantor dari rumah tinggalnya.
  • Internet pada Client D sedang aktif, Client A,B,C,E dan F dapat menggunakan fasilitas Internet yang ada pada Client D secara simultan/bersamaan.
  • Modem pada Client D dapat difungsikan sebagai Mesin Fax, Client A,B,C,E,F dapat menggunakan fasilitas tersebut, Menggunakan fasilitas Fax pada modem akan menghemat biaya karena tidak diperlukan pencetakan dokumen pada kertas melainkan langsung di send ke nomor fax yang akan dituju, dokumen yang anda baca ini adalah salah satu contoh hasilnya.
Aplikasi Jaringan Komputer | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs