Contoh Jaringan Komputer

Hardware Jaringan Komputer : Contoh Jarigan Komputer
Contoh Jarigan Komputer

Jaringan komputer adalah fasilitas untuk mengakomodasi para pengguna komputer agar dapat saling berhubungan satu sama lain. Melalui jaringan, pengguna dapat saling bertukar file, pemakaian bersama (sharing resources) suatu perangkat keras, bahkan mengontrol komputer lain dari jarak jauh. 

Di sini akan dijelaskan beberapa contoh jaringan, sebagai berikut :
  •  Internet
Internet bukanlah jaringan sama sekali, tapi koleksi besar jaringan yang berbeda yang menggunakan protokol umum tertentu dan memberikan layanan umum tertentu.
  • ARPANET
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya Internet yang ada sekarang.
  • NSFNET
NSFNET merupakan sebuah jaringan dari National Science Foundation yang dibentuk oleh Pemebrintah Amerika Serikat pada akhir tahun 1970 untuk bidang penelitian dan pendidikan. NSFNET juga pulalah yang dahulu pernah menggantikan ARPANET sebagai backbone Internet sebelum kemudian digantikan oleh pihak swasta komersial.


  • Penggunaan Internet
Apa sebenarnya artinya menjadi di Internet? definisi kami adalah bahwa mesin ada di Internet jika menjalankan protokol TCP / IP stack, memiliki alamat IP, dan dapat mengirimkan paket IP untuk semua mesin lainnya di Internet. Kemampuan hanya untuk mengirim dan menerima surat elektronik tidak cukup, karena e-mail ini gatewayed dengan jaringan banyak orang di luar Internet. Namun, masalah ini agak kabur oleh fakta bahwa jutaan komputer pribadi bisa memanggil penyedia layanan Internet menggunakan modem, diberi alamat IP sementara, dan mengirim paket IP ke host internet lainnya. Masuk akal untuk menganggap mesin seperti yang di internet selama mereka terhubung ke router penyedia layanan. Internet dan pendahulunya memiliki empat aplikasi utama:

E-mail. Kemampuan untuk menulis, mengirim, dan menerima surat elektronik telah ada sejak masa awal ARPANET dan sangat populer. E-mail program yang tersedia pada hampir semua jenis komputer hari ini.

Berita. Newsgroup adalah forum khusus di mana pengguna dengan kepentingan bersama dapat bertukar pesan. Ribuan newsgroup ada, yang ditujukan untuk topik teknis dan nonteknis, termasuk komputer, ilmu pengetahuan, rekreasi, dan politik. newsgroup Masing-masing memiliki etika sendiri, gaya, dan adat istiadat, dan celakalah orang betide melanggar mereka.

Remote login. Menggunakan telnet, rlogin, atau ssh program, pengguna di manapun di Internet dapat log on ke mesin lain di mana mereka memiliki account.

Transfer file. Menggunakan program FTP, pengguna dapat menyalin file dari satu mesin di Internet yang lain. Sejumlah besar artikel, database, dan ini.

Bagikan ke