Klasifikasi Jaringan Komputer

Materi Jaringan Komputer : Klasifikasi Jaringan Komputer


Klasifikasi Jaringan KomputerMelwin Syafrizal (2005,p.35) mengemukakan pembagian jenis-jenis jaringan komputer secara umum, yakni :
  1. Local Area Network (LAN)
  2.  Metropolitan Area Network (MAN)
  3.  Wide Area Network (WAN)
  • Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan tidak jauh dari sekitar satu km persegi.
Dede Sopandi (2004,p.38) mengemukakan beberapa kemudahan menggunakan jaringan komputer LAN, sebagai berikut:
  1.   LAN menyediakan jaringan komunikasi berkecepatan tinggi pada komputer-komputer dan terminal-terminal yang dihubungkan satu sama lain dan terletak pada beberapa tempat yang terpisah dan biasanya tidak terlalu jauh, seperti bangunan kantor atau pabrik.
  2.  LAN memungkinkan suatu organisasi untuk menggunakan pengolahan data terdistribusi yang menggunakan PC yang dapat mengakses satu sama lain dan/atau ke komputer host.
  3.   LAN menyediakan resource sharing; pemakaian sumberdaya bersama (File, Printer, Modem, Faxmile).
  4.  LAN menyediakan information sharing; pemakaian bersama Program Aplikasi dan data yang tersimpan dalam suatu jaringan (server), sehingga dapat diakses bersama.
  5.   LAN menyediakan network access, dimana user dalam hal ini dapat mengakses jaringan yang lebih luas lagi atau yang lebih dikenal dengan Wide Area Network (WAN).  
  • Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.
  • Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satellite, ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas Negara lain. Sebagai contoh, keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.Pada sebagian WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi tak langsung melalui router yang lainnya. Ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.
thumbnail
Judul: Klasifikasi Jaringan Komputer
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Jaringan Komputer :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Daftar Isi - Sitemap - Contact - DMCA - Disclaimer - Privacy
at Ping.sg Template Seo Elite oleh Bamz