Jaringan Komputer terbaru

Tutorial Jaringan Komputer : Jaringan Komputer terbaru


Jaringan Komputer terbaru
Berbicara masalah jaringan komputer yang terbaru tidak lepas dari jaringan Wireless. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless) berikut ini aka saya jelaskan tentang apa dan bagaimana yang dikatakan jaringan komputer yang terbaru.

Definisi Jaringan WLAN
Jaringan lokal tanpa kabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal tanpa kabel di mana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR), untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area di sekitarnya. Area jangkauannya dapat berjarak dari ruangan kelas ke seluruh kampus atau dari kantor ke kantor yang lain dan berlainan gedung. Piranti yang umumnya digunakan untuk jaringan WLAN termasuk di dalamnya adalah PC, Laptop, PDA, telepon seluler, dan lain sebagainya. Teknologi WLAN memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna mobile dapat menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu pengguna laptop bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan WLAN
  • Kelebihan WLAN
Mobilitas tinggi
WLAN memungkinkan klien untuk mengakses informasi secara real-time di mana pun lokasinya selama dalam jangkauan WLAN. Mobilitas yang tinggi tentunya dapat meningkatkan kualitas layanan dan produktivitas.

Kemudahan dan kecepatan instalasi
Instalasi WLAN sangat mudah dan cepat karena dapat dilakukan tanpa harus menarik dan memasang kabel melalui dinding ataupun atap.
Fleksibel

Teknologi WLAN memungkinkan untuk membangun jaringan di mana kabel tidak dapat atau tidak memungkinan untuk digunakan.
Menurunkan biaya kepemilikan
Meskipun biaya investasi awal untuk perangkat keras WLAN lebih mahal daripada LAN, tapi biaya instalasi dan perawatan jaringan WLAN lebih murah, sehingga secara total dapat menurunkan besar biaya kepemilikan.
ScalableWLAN dapat menggunakan berbagai topologi jaringan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari jaringan independen yang hanya terdiri dari beberapa klien saja, sampai jaringan infrastruktur yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan klien.
  • Kekurangan WLAN
­Delay yang besar;
Biaya peralatan mahal (kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan);
Adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi;
Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien);
thumbnail
Judul: Jaringan Komputer terbaru
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Jaringan Komputer :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Daftar Isi - Sitemap - Contact - DMCA - Disclaimer - Privacy
at Ping.sg Template Seo Elite oleh Bamz