Alat Jaringan Komputer

Fungsi Jaringan Komputer : Alat Jaringan Komputer

Komputer yang digunakan sebagai workstation atau client bisa bermacam-macam mesin tergantung kebutuhan dari pemakai dan dilengkapi dengan berbagai alat yang dipakai, berikut beberapa alat yang dipakai dalam jaringan komputer antara lain : 
  • LAN Card/Network Interface Card (­Kartu jaringan )


Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan berakibat pada komputer tersebut tidak dapat masuk dalam sistem jaringan. Indikator yang dapat dilihat dalam kerusakan kartu jaringan adalah lampu indikator yang terdapat pada kartu jaringan tidak menyala dan lampu indikator di hub/switch saat komputer telah aktif dan konektifitas kabel dari kartu jaringan dan hub/switch telah baik.
  • Twisted Pair Cable

Twisted Pair Cable ini terdiri dari dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus dan unshielded adalah jenis kabel yang tidak memiliki selubung pembungkus, untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.
Konektor RJ-45
Saat ini ada beberapa grate atau kategori, dari kabel twisted pair, Category 5 adalah yang paling realible dan memiliki kompatibilitas yang tinggi, dan yang paling disarankan. Berjalan baik pada 10Mbps network, dan fast Ethernet. Suatu kabel category 5 memiliki 8 kabel kecil yang masing-masing memiliki kode warna di dalamnya dari ujung ke ujung. Hanya kabel kecil 1, 2, 3, dan 6 yang digunakan oleh ethernet network untuk komunikasi, walaupun hanya 4 kabel yang akan digunakan, tapi masing-masing 8 kabel semuanya terhubung ke jack.

Kabel UTP

Secara umum, pemasangan atau perakitan kabel UTP ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight dikarenakan masing-masing kabel yang jumlahnya 8 terkorespondensi 1-1 (langsung), sedangkan disebut tipe cross dikarenakan adanya persilangan pada penyusunan kabelnya.
  • Switch

Switch merupakan terminal bagi kartu jaringan (Network Card). Jika terminal mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing-masing workstation. Apabila lampu indikator power switch tidak menyala berarti kemungkinan besar switch tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.

  • Modem ADSL

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Komunikasi data  bisa berupa analog atau digital. Modulasi adalah suatu proses mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sinyal analog dikirim melalui saluran komunikasi ke ujung lain dari suatu jaringan. Di ujung lain sinyal tersebut dikembalikan ke bentuk asalnya yaitu bentuk digital yang bisa diinterpretasikan oleh komputer. Proses pengubahan ini dinamakan demodulasi.

ADSL adalah kependekan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, sebuah teknologi yang memungkinan data kecepatan tinggi dikirim melalui kabel telepon. ADSL memungkinkan untuk menerima data sampai kecepatan 1.5-9Mbps (kecepatan downstream) dan mengirim data pada kecepatan 16-640Kbps (kecepatan upstream).
ADSL membagi frekuensi dari sambungan yang digunakan dengan asumsi sebagian besar pengguna internet akan lebih banyak mengambil (download) data dari internet daripada mengirim (upload) ke internet. Oleh karena itu, kecepatan data dari internet biasa sekitar tiga sampai empat kali kecepatan ke internet. Karena kecepatan upstream dan downstream tidak sama digunakan istilah Asymmetric.




Bagikan ke