Desain Jaringan Komputer

Protokol Jaringan Komputer : Desain Jaringan Komputer


Design jaringan yang bagus dalam suatu system infrastructur jaringan komputer merupakan suatu pondasi keberhasilan dari system komputer yang akan anda bangun diatasnya. 
Berikut  ini merukan salah satu contoh kasus dari desain jaringan :

Di SMPN 5 SATAP BELAWA saat ini terdapat 6 unit komputer yang sudah terhubung dengan jaringan LAN dan 1 unit komputer yang stand alone, yaitu 1 unit berada di ruang kepsek, 5 unit berada di ruang guru dan 1 unit berada di ruang tata usaha. Dan 15 unit komputer yang telah ada pada LAB komputer sebelumnya. berikut merupakan gambar dena sebelum pembangunan dilakukan.



Berdasarkan gambar di atas, akan dilakukan pembangunan jaringan LAN yang menghubungkan 4 ruangan. Dimana ruangan tersebut adalah ruang LAB komputer, ruang guru, ruang kepsek dan ruang tata usaha.
Adapun bentuk jaringan yang akan dibuat dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Pada gambar   di atas, koneksi dari internet dihubungkan ke modem kemudian dari modem ke switch yang berada di ruang kepsek dan ruang LAB komputer. Kemudian dari switch akan terhubung ke beberapa komputer. Pada pembangunan ini digunakan IP Address Kelas C, karena jumlah host lebih sedikit dibanding network. Dengan jumlah host 19 komputer, dengan subnet mask 255.255.255.0. Adapun IP Address yang digunakan adalah :
1.      IP Komputer Ruang Kepala Sekolah        : 192.168.1.2
2.      IP Komputer Ruang Tata Usaha               : 192.168.1.3
3.      IP Komputer Ruang Guru                         : 192.168.1.4 dan 192.168.1.5           
4.      IP Komputer Ruang LAB Komputer       : 192.168.1.6 - 192.168.1.20
Adapun topologi yang digunakan adalah topologi star karena mudah dalam penambahan host, dan setiap host terhubung langsung dengan switch. Sedangkan modem yang digunakan adalah modem ADSL, karena menggunakan koneksi Speedy melalui kabel telepon.



Bagikan ke