Istilah – Istilah Jaringan Komputer

Saturday, October 20th, 2012 - Jaringan Komputer

Keuntungan dan Kerugian Jaringan Komputer : Istilah – Istilah Jaringan Komputer

Adapun beberapa istilah yang biasa digunakan dalam jaringan komputer:
  • Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang dapat berupa hardware atau software yang digunakan untuk menjembatani dua aplikasi atau dua jaringan komputer yang menggunakan protokol  komunikasi yang berbeda atau tidak kompatible atau tidak cocok, sehingga data atau informasi dari satu jaringan komputer dapat ditransfer ke satu jaringan komputer yang protokolnya berbeda.
  •  Subnet Mask
Subnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32 Bit yang digunakan untuk membedakan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringan lokal atau berada di jaringan luar
  • IP Address (Internet Protocol Address)
IP address adalah alamat numerik (numeric address) unik dari sebuah komputer di Internet. Angka unik tersebut berupa deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
  •  DNS (Domain Name System)
DNS atau dalam bahasa indonesianya, sistem penamaan domain, adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk Basis data tersebar (Distributed Database) di dalam jaringan komputer. Jadi, DNS disebut juga Sistem yang menerjemahkan domain internet.
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet. Ketika perangkat keras dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penyaluran (Routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama Domain. Misalnya, ketika pengguna mengetikan www.indosat.net .id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144.
Jadi, DNS adalah istilah dalam jaringan komputer yang berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada internet dan cara penanganan nama-nama tersebut.
  • Computer Name (nama komputer)
Computer Name adalah nama dari komputer dalam jaringan. Dalam lingkungan LAN, nama komputer haruslah unik (tidak ada yang sama). Jika terjadi kesamaan, maka akan ada peringatan bahwa nama komputer sudah dipakai dan akan mempengaruhi kinerja dari komputer yang mempunyai nama sama tetapi dengan dasar IP address masih bisa diakses. Misal, dalam satu jaringan ada nama PC1, PC2, PC3, dst.
  • Workgroup
Workgroup adalah kesatuan dari komputer yang berada di suatu jaringan tetapi menjadikan dalam jaringan tersebut tidak ada server yang mengatur (semua komputer kedudukannya sama / Stand-alone computer/ komputer yang berdiri sendiri). Workgroup cocok digunakan dalam jaringan yang kecil.
  • Network (Jaringan)
Network adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web).

Kata Kunci :

pengertian workgroup,Alamat numerik dari sebuah komputer di internet disebut,istilah IP NUMERIK,pengertian ip adress dan workgroup,Pengertian work group,pengertian workgroups,alamat numerik dari sebuah komputer di internet,istilah ip address,alamat numerik,istilah alamat host addres pada jaringan komputer adalah,numerik addres indosat com,nama program jaringan komputer,nama peristilahan dalam komputer,nama nama software jaringan,nama nama para penemu dalam istilah jaringan komputer,Nama nama komponen komputer beserta pengertian nya dalam bahasa inggris,peristilahan software,Pengertian computer name work group ip addres,pengertian DNS dalam istilah internet,pengertian computer name
Istilah – Istilah Jaringan Komputer | admin | 4.5