Jenis Topologi Jaringan Komputer

Friday, October 19th, 2012 - Jaringan Komputer

Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya : Jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi mendefinisikan peta dari jaringan. Topologi jaringan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu topologi fisikal dan topologi logikal. Membahas berbagai macam topologi, namun didalam tugas akhir ini penulis berinisiatif merancang jaringan dengan menggunakan topologi star.

Topologi Fisikal

Topologi fisikal mendefinisikan bagaimana susunan dari peletakan node pada jaringan.  Terdapat beberapa macam topologi fisikal, antara lain:
  • Topologi Bus
Merupakan sebuah arsitektur jaringan di mana satu set  client terhubung pada satu kabel utama (baonckbe) yang dinamakan bus. Jaringan bus adalah cara yang paling sederhana untuk menghubungkan banyak client, namun masalah yang paling sering dihadapi adalah pada saat dua  clientakan mengirimkan data pada saat yang bersamaan pada bus yang sama.

  • Topologi Star
Merupakan salah satu topologi yang paling umum digunakan. Jaringan  star terdiri atas sebuah switchutama yang bertugas seperti routeryang mentransmisikan data. 

  • Topologi Ring
Merupakan sebuah topologi  jaringan dimana tiap-tiap node terhubung ke dua node  lainnya, sehingga akan membentuk sebuah cincin.  Topologi  ring kurang efisien jika dibandingkan dengan topologi  star karena pada  topologi ini data harus melalui banyak titik sebelum data mencapai tujuan.

  • Topologi Mesh
Topologi  mesh adalah sebuah cara untuk men-route data, suara, dan instruksi di antara node-node. Memungkinkan  koneksi secara terus-menerus dan mengkonfigurasi ulang di seputar  path yang rusak atau terblok dengan cara hopping dari satu node ke node lainnya sampai mencapai tujuan. Topologi mesh adalah subclass dari mobile ad hoc networking ( MANET ).
Topologi Logical
Topologi logikal menggambarkan bagaimana media tersebut diakses  hostuntuk  mengirim data. Secara umum, terdapat dua jenis topologi logikal, yaitu: 
  • Broadcast
Pada topologi ini, semua  host dapat mengirim data ke semua yang lain melalui media dalam jaringan. Prinsip pada topologi ini adalah First Come First Serve. 

  • Token Passing
Topologi token passing mengontrol akses jaringan dengan melewatkan  token elektronik kepada tiap host secara bergilir. Ketika host menerima  token, maka host tersebut dapat mengirim data. Jika  tidak ada data yang dikirim maka  token tersebut dilewatkan ke  host berikutnya dan proses ini berulang terus-menerus. Penggunaan token passing dapat ditemukan pada  Token Ring dan  Fiber Distributed Data Interface (FDDI).  



Jenis Topologi Jaringan Komputer | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs