Masalah Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer : Masalah Jaringan Komputer

Jika sebuah komputer mengalami masalah komunikasi jaringan, banyak sebenarnya kemungkinan sumber masalah yang melatar belakanginya. Permasalahan bisa jadi terletak pada stack protocol TCP/IP, bisa jadi terletak pada protocol layer data-link, atau mungkin saja dikarenakan masalah kerusakan piranti jaringan atau mungkin saja terputusnya kabel patch jaringan.
  • Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan 
masalah ini merupakan masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnyakabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch anda karena digigit tikus; masalah jaringan yang berdampak pada satu blok gedungkarena putusnya kabel antar switch (uplink cable); atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda karena kegagalan backbone cable.Masalah jaringan yang berdampak pada sebuah komputer saja mungkin bukan masalah besar kecuali itu komputer sang jendral or sang direktur anda. Tapi masalah jaringan yang berdampak pada jaringan lan anda secara keseluruhan atau bahkan berdampak secara globaldalam bisinis corporate anda bisa membuat keringat dingin anda keluar deras. Dalam systeminfrastruktur jaringan yang berskala besar, system redundansi haruslah diterapkan. 

Sehinggakalau terjadi kegagalan dalam satu jalur jaringan tidak akan menyebabkan kegagalan jaringandalam waktu yang lama. Dalam jaringan multi switch yang kompleks makaSpanning TreeProtocol (STP) haruslah di enable dan di tuning secara manual. STP adalah suatu serviceyang memungkinkan jaringanswitch-2 dan bridge-2 LAN anda terkoneksi satu sama lain secara redundant dengan suatu mekanisme yang bisa mencegah bridging loops. Bridging loopitu paket data yang berputar-putar dalam jaringan nyari alamat sampai kecapekan danakhirnya koid. Bridging loop ini bisa menyebabkan trafik jaringan anda macet atau disebut broadcast storm.
  •  Masalah jaringan karena kegagalan piranti jaringan
Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuahkomputer karena kegagalan  NIC – lan card; beberapa komputer karena kegagalan switch; atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan anda.Terus bagaimana kalau kegagalan jaringan itu akibat kerusakan pada switch? Design andamengenai redundansi jaringan akan sangat membantu dalam menyelamatkan kegagalan jaringan anda. Kebutuhan load balancing dan redundansi haruslah dikaji untuk setiapkebutuhan berdasarkan penggunaan link redundansi; piranti router ; switch dan multi-homedhost yang bersifat kritis. Tujuan dari system redundansi ini dimaksudkan untuk menjaminketersediaan layanan dimana tidak ada satupun titik rawan kegagalan

Bagikan ke