Cara Konfigurasi Modem ADCL

Kesimpulan Jaringan Komputer : Cara Konfigurasi Modem ADCL

Langkah ini adalah melakukan pengaturan pada Modem ADSL, namun tidak semua menu setting harus dilakukan pengaturan. Dalam perancangan kali ini yang paling penting adalah menu set-up, Administrator dan status.
Dalam hal ini perlu juga diketahui bahwa hampir sebagian besar configurasi modem menggunakan fasilitas web dan ada juga beberapa modem yang menyediakan fasilitas software untuk mempermudah melakukan configurasi.
Poin-poin yang sangat penting dan perlu diketahui agar sebuah jaringan bisa terhubung dengan ISP adalah:
PPPoE Settings :
  •  Username 
  • Password 
Agar dapat login ke web konfigurasi modem, sebelumnya PC yang akan dipakai untuk mensetting modem (admin) harus disetting IP-Nya agar satu network dengan IP modem (192.168.1.xx). IP default pada modem Linksys adalah 192.168.1.1 dengan subnetmask 255.255.255.0, dari sini bisa dipastikan bahwa IP yang bisa digunakan pada komputer client adalah 192.168.1.2 - 192.168.1.254.
Men-setting IP komputer admin menjadi satu network dengan IP  modem,  agar dapat login ke web ADSL. IP komputer 192.168.1.2
Internet Protocol TCP/IP Properties
Setelah setting IP selesai, langkah selanjutnya adalah mangetikkan perintah “ping spasi IP modem” pada command prompt/RUN untuk mengetahui Reply  dari modem atau tidak.
Command Prompt
Setelah settingan IP Address pada PC selesai dan berhasil reply dari modem, selanjutnya PC digunakan untuk configurasi ADSL modem, untuk masuk ke configurasi modem biasa digunakan Mozilla firefox atau internet explorer dengan alamat http://192.168.1.1, untuk configurasi default-Nya:
  • Username        : Admin 
  • Paswword       : Admin
Setelah login kehalaman web modem dengan mengunakan alamat diatas maka akan ditampilkan submenu seperti gambar.

Menu Utama  Modem ADSL
 
Pada modem ini memiliki menu yang tersusun secara horizontal dan didalamnya terdapat menu Set-up, Wirelles, Security, Access Restriction, Applications & Gaming, Administrator dan Status dan disetiap menu memiliki submenu.
Pada bagian menu set-up dapat diatur mengenai konfigurasi koneksi internet pada jaringan dengan meng-input Username dan Password pada bagian PPPoE Settings, Lokal IP Address dan Subnet Mask pada bagian Gateway IP di isi sesuai dengan rancangan IP sebelumnya maka IP default-Nya akan tergantikan,
Static DNS 1 dan Static DNS 2 pada bagian Network Address Server Settings (DHCP), Time Zone pada bagian Time Settings.
Menu Status untuk memastikan modem terkoneksi ke internet atau tidak
  • Disconnect      :  Memutuskan koneksi ke internet 
  • Connect           :  Mengkoneksikan ke internet

Status Modem

Mengecek koneksi PC admin dengan modem “ping spasi IP modem” selanjutnya untuk koneksi ke internet “ping  spasi google atau yahoo”
 


thumbnail
Judul: Cara Konfigurasi Modem ADCL
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Jaringan Komputer :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Daftar Isi - Sitemap - Contact - DMCA - Disclaimer - Privacy
at Ping.sg Template Seo Elite oleh Bamz