Implementasi Jaringan Komputer

Sunday, December 2nd, 2012 - Jaringan Komputer

Pemanfaatan Jaringan Komputer : Implementasi Jaringan Komputer

Implementasi Jaringan Komputer

Sebuah PC atau komputer dalam sebuah LAN disebut sebagai node, node bisa berupa server atau workstation yang kadang disebut sebagai station saja. Minicomputer atau Mainframe berfungsi sebagai host untuk sebuah dumb-terminal atau PC (diskless workstation). LAN yang mengkoneksikan node melalui jaringan publik telepon atau dedicated biasa disebut sebagai Wide Area Network (WAN).

Node terkoneksi ke jaringan melalui Network Interface Card (NIC) atau network adapter. NIC diinstall di expansion-slot komputer, beberapa vendor komputer membuat NIC yang sudah terpasang on-board di dalam papan induknya.

NIC terkoneksi ke jaringan secara langsung atau tidak langsung. Setiap node minimal mempunyai satu interface, tidak tertutup kemungkinan sebuah node dipasang dua atau lebih interface untuk koneksi yang simultan ke beberapa jaringan sekaligus. Kemungkinan ini menjadi salah satu solusi alternatif untuk menggantikan dedicated-router dengan sebuah PC yang berfungsi sebagai router.

Implementasi Jaringan Komputer Di Dunia Bisnis
Pemanfaatan jaringan komputer, baik LAN, MAN, dan WAN bagi perusahaan besar sudah tidak asing lagi karena manfaatnya sangat besar bagi kemajuan usaha. Aplikasi bisnis sekarang yang berbasis teknologi dan jaringan komputer yang paling umum digunakan adalah electronic commerce (e-commerce) atau lebih terkenal dengan “Bisnis Online” melalui aplikasi ini seorang pedagang diberikan kemudahan yaitu tidak perlu bertatap muka dengan pembeli dan mendirikan toko serta dapat memasarkan produk yang ia milki ke seluruh dunia. Selain e-commerce juga ada EDI atau electronic data interchange atau pengolahan data berbasis komputer. Bahkan sekarang dalam dunia bisnis di perusahaan-perusahan besar telah diterapkan Remote Access melalu Remote Access seorang pegawai dapat bekerja untuk perusahaannya dimanapun pegawai tersebut berada melalui jaringan LAN komputer asal pegawai tersebut berada. Jadi menurut kesimpulan saya adalah dengan melalui implementasi jaringan komputer di dunia bisnis dapat mempercepat kinerja pegawai  karena para pegawai dapat bertukar informasi dengan pegawai lainnya tanpa harus berpindah dari tempatnya dan dapat dapat meminimalkan biaya dan waktu.

Kata Kunci :

implementasi PAN,jenis dan implementasi gangguan jaringan komputer,implementasi jaringan,arti dari inplwmwntasi jaringan komputer,sebutkan implementasi lan,produk implementasi jaringan komputer di perusahaan,pengertian implementasi link wan perusahaan,pengertian impelemtasi pada jaringan,lan implementasi,implementasi link wan perusahaan
Implementasi Jaringan Komputer | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs