Keuntungan dan Kerugian Internet

Memahami Daasar - dasar Pengunnaan Internet : Keuntungan dan Kerugian Internet

Keuntungan yang dapat diperoleh dari internet antara lain :
 

Kemudahan dalam Memperoleh Informasi
Internet memungkinkan siapapun untuk mengakses berita-berita actual melalui Koran-koran elektronik, seperti Republika Online (www.republika.co.id), Kompas cyber media (www.kompas.com), atau berita-berita terkini dari CCN News (www.cnn.com). Hasil penelitian, majalah, catalog, atau informasi tentang buku juga dapat diperoleh online melalui media internet.
 
Mendukung Transaksi dan Operasi Bisnis
Seorang pengusaha, pelaku bisnis, dan masyarakat umum dapat melakukan transaksi dan operasi bisnis secara mudah dan cepat melaui media internet. Transaksi dan operasi bisnis dapat dilakukan dengan mudah menembus ruang dan waktu. Kamu dapat membeli barang yang dijual di tempat yang sangat jauh melalui Web Site tertentu. Apakah kamu tertarik melakukan transaksi dan operasi bisnis melalui media Internet.

Belajar Secara Online
Media Internet merupakan media yang dapat membantu system pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan siswa belajar secara online atau melakukan interaksi dengan teman belajarnya tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Selain itu, media Internet dapat membantu suatu system belajar interaktif antara guru dan siswa, atau siswa dalam kelas yang berbeda.
 

Mencari Beasiswa untuk Sekolah di Dalam atau di Luar Negeri.
Kamu dapat mencari informasi tentang beasiswa untuk dapat sekolah di dalam dan di luar negeri melalui media Internet. Banyak web Site-web site yang memberikan informasi tentang beasiswa, di antaranya Web site www.beasiswaindonesia.blogspot.com.
Ditinjau dari fungsinya, internet memiliki manfaat yang beragam sesuai bidang layanannya. Internet memungkinkan penggunanya saling berkomunikasi melalui surat elektronik (e-mail), melakukan transaksi komersial (e-Commerce), mengakses pustaka (e-library), dan belajar secara online menggunakan perangkat lunak (e-learning). Perusahaan perbankan dapat memberikan pelayanan kepada nasabahnya melalui internet (internet banking atau e-banking), sedangkan pemerintah dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas secara online melalui internet dengan program yang disebut e-government

Sedangkan kerugian yang dapat diperoleh dari internet antara lain :
 

Kemudahan orang untuk menjiplak karya orang lain.
Kejahatan penggunaan kartu kredit.
Perusakan system operasi komputer melalui virus. 
Keasyikan ngobrol chatting sehingga lupa waktu.

Bagikan ke