Protokol TCP/IP

Monday, August 12th, 2013 - Jaringan Komputer

Latar Belakang dan Sejarah Jaringan Komputer : Protokol TCP/IP

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) termasuk dalam deretan protocol komunikasi yang di gunakan untuk menghubungkan host-host pada jaringan internet. TCP/IP menggunakan banyak protocol di dalamnya, adapun protocol utamanya adalah TCP dan IP. TCP/IP di bangun pada system operasi UNIX dan di gunakan oleh internet, untuk memancarkan data keluar dari jaringan sendiri ke jaringan yang di atasnya. TCP/IP menangani komunikasi jaringan antara node-node pada jaringan. sehingga TCP/IP termasuk salah satu dari sekian banyak bahasa komunikasi computer yang ada untuk melakukan komunikasi antar computer, hal itu di karenakan untuk dapat di katakana mampu berkomunikasi adalah harus mempuyai bahasa yang sama, dalam hal ini menggunakan protocol yang sama, walaupun jenis computer dan system operainya berbeda sekalipun tidak masalah.

Jika di asumsikan jenis computer berbeda adalah orang yang berasal dari lokasi yang berbeda misalnya orang bersuku Sunda dan orang besuku Padang melakukan komuniksai, komuniksi akan berhasil jika kedua orang tersebut menggunakan bahasa yang sama, menggunakan bahasa Indonesia bikan menggunakan bahasa setempat masing-masing. computer PC dengan system operasi Windows XP dapat berkomunikasi dengan computer Sun SPARC dengan system operasi Solarys, kondisi ini di mungkinkan karena keduanya menggunakan protocol TCP/IP dan terhubung langsung pada satu jaringan yang sama naik local maupun internet sekalipun.

TCP/IP pada awalnya di kembangkan oleh suatu departemen pertahanan (Department of Defense / DOD) di Amerika. Dalam risetnya mampu merancang hubungan antar jaringan yang berbeda. Itu adalah pada awal suksesnya dari keberhasilan riset tersebut di buat berapa jasa dasar yang semua orang butuhkan seperti file transfer, electronic mail, remote logon kesejumlah client lain dan system server. Beberapa computer dalam lingkungan departemen yang kecil dapat menggunakan TCP/IP bersamaan dengan protocol lainnya pada system LAN yang sama. Komponen akan meroutingkan dari jaringan dlaam departemen ke jaringan perusahaannya, kemudaian di lanjutkan ke jaringan regional nya dan akhirnya ke jaringan global internet.

Kata Kunci :

definisi tcp/ip protocol related,paper tentang protocol tcp ip
Protokol TCP/IP | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs