Sistem Word Wide Web

Friday, August 9th, 2013 - Jaringan Komputer

Dasar Jaringan Komputer : WWW.( Word Wide Web )

World Wide Web (WWW atau Web) merupakan salah satu “killer applications” yang menyebabkan populernya Internet. WWW dikembangkan oleh Tim Berners-Lee. Kehebatan Web adalah kemudahannya untuk mengakses informasi, yang dihubungkan satu dengan lainnya melalui konsep hypertext. Informasi dapat tersebar di mana-mana di dunia dan terhubung melalui hyperlink. Arsitektur sistem Web terdiri dari dua sisi: server dan client. Keduanya dihubungkan dengan jaringan komputer (computer network) dengan menyajikan data-data dalam bentuk statis dan dinamis.
Secara umum aplikasi internet terbagi menjadi 2 jenius, yaitu sebagai berikut :
  1. Synchronous System yaitu Aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, Video Conference, dan lain-lain.
  2. Asynchronous System yaitu Aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS dan e-mail.
Untuk lebih mendukung kedua system tersebut perlu juga penerapan teknologi multimedia secara waktu nyata seperti videoconference atau pertemuan maya yaitu merupakan teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh tanpa delay, walaupun infrastruktur jaringan  di Indoneisa masih relatif terbatas.
Sistem Word Wide Web | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs