TA Jaringan Komputer

Sunday, August 4th, 2013 - Jaringan Komputer

Infrastruktur Jaringan Komputer : Tugas Akhir Jaringan Komputer

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi diberbagai bidang, seakan-akan tidak pernah ada matinya untuk mempelajarinya. Dari hari-ke hari kemajuan teknologi terus berkembang salah satu adalah komputer. Komputer merupakan sarana untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien contoh penggunaan komputer di bidang pendidikan salah satunya adalah di bagian administrasi sekolah.

Data administrasi sekolah setiap tahun mengalami perubahan seiring dengan bertambanya siswa baru, oleh karena itu diperlukan suatu pengorganisasian yang lebih baik. Pengorganisasian merupakan keseluruhan proses pengelompokan alat-alat, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab, sehingga tercipta suatu kesatuan yang utuh dan bulat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Sekolah merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang di dalamnya terdapat penelitian belajar mengajar dan proses pembayaran administrasi yang berada dibawah dan tanggug jawab pada seorang kepala sekolah. Segala penelitian yang berlangsung tidak bisa dimonitoring secara keseluruhan tanpa adanya suatu pengorganisasian yang tepat. Untuk itulah pengorganisasian dengan perancangan basis data dapat menjawab semua pertanyaan yang muncul. Salah satu bentuk informasi yaitu dengan pemanfaatan sistem-sistem informasi berbasiskan komputer. Komputerisasi merupakan suatu alternatif yang tepat untuk seorang pemakai dalam kebutuhan akan informasi secara tepat, dalam hal ini adalah bagi seorang kepala sekolah.

Hal tersebut mendorong banyak organisasi, kantor atau sekolah untuk memanfaatkan informasi secara maksimal, baik informasi yang berasal dari dalam dan luar.Salah satu organisasi tersebut adalah sistem informasi di SMK Muhammadiyah Parepare. Organisasi ini ingin mengembangkan pengolahan informasi tentang data administrasi sekolah, sebagai salah satu sumber daya yang dapat menentukan kemajuan SMK Muhammadiyah dimasa yang akan datang. Dengan segudang permasalahan yang timbul perlu adannya suatu penyelesaian yang praktis, dalam wujud pemograman dengan aplikasinya dengan melibatkan suatu basis data. SMK Muhammadiyah parepare merupakan sekolah menengah kejuruan berbasis kompetensi yang mencetak tenaga-tenaga terampil yang siap kerja.
Setiap tahunnya SMK Muhammadiyah meluluskan ratusan siswa, dan hal ini memerlukan penanganan tersendiri. Untuk itulah penulis memberikan solusi menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dengan apliksinya untuk membantu pendataan secara komputerisasi yang lebih efektif dan efisien.Perkembangan teknologi basis data tidak lepas dari perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi yang populer adalah Microsoft Visual Basic 6.0.Microsoft Visual Basic 6.0 adalah paket pemograman berbasis windows, didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft windows. Dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, penulis tertarik untuk menciptakan suatu rancangan basis data administrasi. Hasil rancangan basis data tersebut diharapkan mampu menjawab kelemahan-kelemahan yang selama ini sering muncul.

Berdasarkan atas gambaran tersebut, maka penulis memilih judul ‘” SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BASIS DATA ADMINISTRASI  AKADEMIK PADA SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE “

RumusanMasalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
 

Bagaimana membuat aplikasi Data Siswa, Guru, dan karyawan pada SMK Muhammadiyah Parepare ? 
Sejauh Mana Aplikasi tersebut dapat mempermudah pelayanan informasi Administrasi Akademik di SMK Muhammaiyah Parepare?

Batasan Masalah

Mengingat Terbatasnya waktu yang penulis miliki dalam pembuatan aplikasi ini maka penulis batasi hanya lingkup administrasi siswa yang telah dinyatakan lulus atau telah diterima di SMK Muhammadiyah Parepare saja.

TujuanPenelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi Sistem Informasi Basis Data Administrasi yang meliputi data siswa, guru dan karyawan di SMK Muhammadiyah Parepare

Manfaat Penelitian
Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi sebagai berikut.

Bagi Penyusun
Dengan penelitian ini, penulis dapat memberikan teori-teori yang telah diterima sekaligus mematangkan dan meningkatkan pengetahuan tentang aplikasi pembuatan program dengan microsoftvisual basic 6.0..

Bagi Tata usaha SMK Muhammadiyah Parepare
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menyajikan informasi yang efisien, tepat waktu, dan relefan dan akurat.

TA Jaringan Komputer | admin | 4.5
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs