Komunikasi dan Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Friday, July 31st, 2015 - TIK SMP Kelas 7

Komunikasi dan Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi – Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat terkait dengan kehidupan kita. Meskipun begitu, tampaknya kita kurang menyadari betapa pentingnya TIK itu. Berikut akan dijelaskan sekilas tentang TIK.

1. Komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia memerlukan orang lain untuk mencukupi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Tidak ada orang yang dapat memenuhi kebutuhannya seorang diri. Manusia saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhannya.Berbicara adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, tidak semua pembicaraan dapat dimengerti oleh orang yang mendengarnya. Manusia dikatakan berinteraksi satu sama lain jika pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh orang lain. Pesan yang disampaikan dapat berbentuk kata, bahasa isyarat, ketukan, gerakan badan, kode-kode, atau simbol. Hal tersebut merupakan proses komunikasi.

Proses komunikasi sekurang-kurangnya melibatkan dua orang. Proses komunikasi juga harus menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh pengirim dan penerima pesan.Ilmu komunikasi telah dipelajari secara khusus. Ada beberapa definisi formal komunikasi salah satunya menjelaskan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dari pengirim (sender) kepada penerima (recipient) sehingga penerima dapat memahami pesan yang dimaksud oleh pengirim. Misalnya, kamu berbicara dengan temanmu meng gunakan bahasa Indonesia. Temanmu mengerti bahasa Indonesia maka pesan yang kamu maksud akan dapat diterima oleh temanmu. Bagaimana jika temanmu tidak mengerti bahasa Indonesia?

2. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi? Teknologi informasi dan komunikasi adalah ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi yang dapat mengelola informasi dan dapat membantu komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya membahas benda-benda seperti telepon dan komputer yang termasuk ke dalam perangkat keras (hardware). Teknologi informasi dan komunikasi juga membahas perangkat lunak (software), teknik penggunaan, layanan, dan sistem jaringan.

Perangkat keras atau hardware hanyalah salah satu  faktor dalam teknologi informasi dan komunikasi. Faktor  lain yang mendukung adalah perangkat lunak atau software dan perangkat akal atau brainware. Penjelasan tentang  hardware dan software dapat kamu pelajari pada bab  selanjutnya.

Keterkaitan Hardware, software, dan brainware dalam  teknologi informasi dan komunikasi digambarkan pada  Gambar berikut.

Keterkaitan Hardware, software, dan brainware

Keterkaitan Hardware, software, dan brainware

Komunikasi dan Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi | admin | 4.5
Leave a Reply