Mengenal Pengertian Sistem Operasi Ubuntu

Friday, July 31st, 2015 - Program Komputer

Mengenal Pengertian Sistem Operasi Ubuntu – Pada kesempatan ini Admin it-artikel.com akan berbagi tentang Mengenal Pengertian Sistem Operasi Ubuntu. Di sini kita akan berkenalan dengan Sitem operasi Ubuntu, salah satu Sistem Operasi yang banyak digunakan sekarang ini.

Pengertian Sistem Operasi Ubuntu

Ubuntu adalah software sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk operasi dasar komputer. Versi terbaru program ini adalah Ubuntu 12.04 Beta 2, yang dirilis pada tanggal 29 Maret 2012. Software Ubuntu dibuat dan dikembangkan oleh Canonical Ltd.

Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada sifatnya yang open source dan gratis. Selain itu, Ubuntu juga telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi komputer untuk berbagai keperluan, sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstall software-software umum seperti aplikasi untuk perkantoran, internet, dan multimedia. Ubuntu adalah sistem operasi berbasis GNU/Linux (distro Debian). Ubuntu secara rutin diperbarui versinya, versi stabil dirilis sekitar 6 bulan sekali. Ubuntu menjadi sistem operasi Open Source yang paling digemari di tanah air.

Program Ubuntu banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer, khususnya yang menggemari software Open Source. Ubuntu merupakan software gratis (opensource). Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Pentium 4 CPU 1 GHz, memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor 800 x 600 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 15 GB.

Mengenal Sistem Operasi Ubuntu

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi dari distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribukan sebagai Sistem Operasi bebas (Open Source). Nama Ubuntu diambil dari filosofi orang Afrika Selatan yang yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”.

Kenapa kita harus mengenal Ubuntu ?

Karena Ubuntu merupakan sistem operasi yang sangat terkenal dikalangan pecinta Open Source. Sistem operasi ini sangat mudah untuk dikembangkan dan dimodif ulang atau dalam linux dikenal dalam istilah Remastering.

Ubuntu dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd, yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Karena kemudahan dan banyak developer yang menggunakan ubuntu, Sistem Operasi ini menjadi salah satu favorit bagi pengguna PC / laptop yang berbasiskan linux. Saya sendiri adalah pengguna Ubuntu 14.10 versi Gnome.

Untuk saat ini ubuntu tersedia untuk PC/Laptop (Ubuntu Desktop), Tablet (beta), Smartphone (beta) dan komputer server (Ubuntu Server).

Sistem operasi ubuntu sangat nyaman digunakan, dan yang paling penting itu GRATIS ! Karena software ini termasuk dalam FOSS (Free Open Source Software).

Demikianlah informasi singkat tentang Mengenal Pengertian Sistem Operasi Ubuntu yang bisa Admin it-artikel.com bagikan, semoga bermanfaat dan sesuai dengan informasi yang sedang anda cari.

Kata Kunci :

pengertian sistem operasi ubuntu,Sistem operasi ubuntu,sifatnya ubuntu,artikel pemrograman ubuntu,Pengertian sistem operasi ulbantu,pengertian source ubuntu,pengertian ubuntu pada jaringan,yg di maksud ubuntu
Mengenal Pengertian Sistem Operasi Ubuntu | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs