Penemuan Alat Cetak

Penemuan Alat Cetak – Sebelum ditemukan alat cetak, naskah atau buku yang akan diperbanyak harus ditulis berulang-ulang. Proses tersebut memerlukan waktu yang lama untuk menggandakan sebuah buku tebal. Wong Jei, seorang berkebangsaan Cina diyakini sebagai penemu alat cetak yang pertama. Naskah pertama dicetak pada tahun 856. Wong Jei mengukir tulisan pada kayu. Kemudian, kayu diberi tinta dan kertas ditekan di atasnya sehingga terbentuklah cetakan pada kertas.

Pada tahun 1000, Pi Sheng menemukan cara mencetak yang lebih praktis. Pi Sheng membuat balok-balok huruf dari tanah liat seperti dadu. Kemudian, balok-balok tersebut diberi tinta dan ditempelkan pada kertas. Setiap balok dapat dipindahkan dan dapat digunakan kembali. Proses pencetakan buku-buku menjadi lebih cepat dibandingkan cara sebelumnya.

Penemuan Alat Cetak

Penemuan Alat Cetak

Pada tahun 1452 Johannes Gutenberg seorang berkebangsan Jerman, membuat alat cetak modern. Gutenberg menggunakan balok-balok huruf yang terbuat dari logam dan dapat dipindahkan.

Kata Kunci :

alat cetak huruf,alat untuk mencetak naskah disebut,penemu alat cetak buku,alat mencetak naskah disebut,alat pencetak naskah,penemu alat cetak,penemu alat cetak pertama,penemuan alat cetak buku,penemuan dan alat sebelumnya
Penemuan Alat Cetak | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs