Dasar Pengoperasian Windows

Wednesday, August 5th, 2015 - Mengenal Operasi Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Dasar Pengoperasian Windows – Selanjutnya, kamu akan mempelajari dasar-dasar pengoperasian windows XP.  Aktifkan komputer kamu dan perhatikan tampilan windows. Secara umum tampilan Windows dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu desktop dan taskbar.

a. Desktop

Kamu dapat menemukan beberapa ikon. Ikon merupakan “lambang” suatu aplikasi, file (berkas), folder(direktori), dan printer. Pada sistem operasi Windowsyang baru di–installbiasanya pada desktop hanya ada sebuah ikon, yaitu ikon Recycle Bin.

Dasar Pengoperasian Windows

Dekstop

Kamu dapat mengubah warna, posisi dan jumlah ikon, posisi taskbar, serta komponen Windows lainnya sehingga berbeda dengan tampilan aslinya.

b. Taskbar

Dalam kondisi normal, taskbarterdapat pada bagian bawah desktop. Kamu bisa mengubah lokasinya dengan melakukan penggeseran taskbar.

Taskbar pada desktop Windows

Taskbar pada desktop Windows

Perhatikan gambar taskbar Windows Xp tersebut. Komponen-komponen yang ada pada taskbar sebagai berikut.

  • Start buttonatau tombol Start, terletak di sebelah kiri.
  • Quick launchatau Shortcut Area, merupakan ikonikon aplikasi yang sering digunakan. Jika kursor mouse digeser ke atas. Pada ikon akan muncul nama aplikasi yang diwakili oleh ikon tersebut.

    Tampilan start menu

    Tampilan start menu

  • Open programs, berupa tombol-tombol aplikasi yang sedang dibuka.
  • Notification area, merupakan ikon-ikon aplikasi yang secara otomatis aktif pada saat Windows dinyalakan.

Pada desktop komputer, tombol Startmerupakan tombol yang sangat penting. Sebagian besar aplikasi Windows dapat ditemukan dengan meng-klik tombol Start. Jika tombol Startditekan maka akan muncul Start menu.

Amati gambar Start menudengan saksama. Pada Start menukamu dapat melihat menu lain. Arahkan kursor pada All Programs lalu klik tombol kiri mouse. Amati menu yang muncul.

Ketika kamu membuka menu All Programskamu akan menemukan menu-menu lainnya. Selanjutnya, bukalah sebuah aplikasi Windows Explorer. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan meng-klik All Programs, pilih Accessories, kemudian pilih Windows Explorer.

Tampilan Windows Explorer

Tampilan Windows Explorer

Setelah kamu meng-klik ikon Windows Explorer maka pada dektop muncul jendela Windows Explorer. Tampilan Windows Explorer seperti pada Gambar di atas. Windows Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri folder listberisi daftar folder, drive, printer, dan computer network. Adapun bagian kanan berupa isi dari suatu folder, drive, printer, dan computer network. Pada bagian kanan inilah user dapat bekerja mengelola file dan folder.

Perhatikan kembali Gambar di atas. Amati bagian jendela bagian kanan atas. Kamu dapat melihat ada 3 buah tombol. Ketiga tombol tersebut, yaitu tombol minimize, maximize, dan close. Untuk memahami fungsi tomboltombol tersebut silakan klik setiap tombol untuk melihat.Windows Explorer

Kamu dapat mengubah tampilan deskto psesuai dengan tampilan yang kamu inginkan. Misalkan, kamu akan mengubah wallpaper atau gambar latar belakang. Langkah yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut. Arahkan kursor pada desktop. Kemudian, klik tombol kanan mouse dan tunggu hingga muncul menu. Kemudian, pilih menu Properties. Tunggu sampai jendela Display Properties muncul.Display Properties

Selanjutnya, klik tab Desktop. Kemudian, arahkan kursor pada kotak Background. Kamu dapat melihat daftar nama-nama gambar yang dapat digunakan sebagai latar belakang (background) wallpaper. Pilihlah salah satu gambar yang kamu sukai. Untuk melihat hasilnya, klik tombol Apply. Perhatikan wallpaper desktopyang telah kamu ubah.

Kata Kunci :

gambarkan dan sebutkan komponen tampilan jendela explorer windows Xp,Fungsi Komponen pada windows,gambar nama dan fungsi icon windows exploler,jendela window nama dan fungsinya,komponen pada tampilan windows,menu dasar pada windows xp,tombol start pada windows xp terletak disebelah
Dasar Pengoperasian Windows | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs