Jenis-Jenis Aplikasi Pengolah Kata

Monday, August 17th, 2015 - Mengenal Aplikasi Pengolah Kata, TIK SMP Kelas 8

Jenis-Jenis Aplikasi Pengolah Kata – Banyak aplikasi pengolah kata yang dapat kita temukan di masyarakat. Berbagai perusahaan perangkat lunak menawarkan produknya dengan berbagai keistimewaan dan keunikannya masing-masing. Untuk merebut pasar, perusahaan-perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk mengembangkan produknya. Beberapa aplikasi pengolah kata yang banyak dijumpai di masyarakat antara lain sebagai berikut.

Aplikasi Pengolah Kata WordPad

WordPad merupakan aplikasi pengolah kata sederhana yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini didistribusikan bersama dengan sistem operasi Windows. WordPad secara otomatis terpasang pada sistem komputer ketika seseorang menginstal sistem operasi Windows.

Dokumen yang dibuat dengan menggunakan WordPad  mempunyai pengenal .rtf. Meskipun demikian, aplikasi ini mampu mengenali beberapa tipe dokumen dari aplikasi lain. Beberapa diantaranya yaitu dokumen dengan format .txt, .doc, dan .wri. Hal ini memungkinkan kita untuk membuka dokumen Microsoft Office Word (.doc) meskipun kita tidak mempunyai aplikasi Microsoft Office Word.

Jendela aplikasi WordPad

Jendela aplikasi WordPad

Aplikasi Pengolah Kata Microsoft Office Word

Microsoft Office Word adalah aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini berada dalam satu paket program Microsoft Office. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menginstalnya terlebih dahulu pada komputer yang kita gunakan.

Pengolah kata Microsoft Office Word mempunyai fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan fitur yang terdapat pada aplikasi pengolah kata WordPad. Fitur-fitur tersebut terus dikembangkan ke versi selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, aplikasi Microsoft Office Word telah berkembang mulai dari versi 97, 2000, XP, 2003, 2007, dan 2008. Setiap perkembangan dari versi lama ke versi baru selalu diikuti dengan penyempurnaan program, penambahan fitur-fitur baru, dan perbaikan tampilan program.

Dokumen yang dibuat dengan menggunakan Microsoft  Office Word versi 2003 dan sebelumnya mempunyai format .doc. Adapun dokumen yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word versi 2007 dan sesudahnya mempunyai format .docx. Microsoft Office Word juga dapat mengenali dokumen dengan format .txt, .wri, .rtf, .wps, .wpd, .htm, .html, dan .xml.

Jendela aplikasi Microsoft Office Word 2007

Jendela aplikasi Microsoft Office Word 2007

Aplikasi Pengolah Kata Open Office.org Writer

Open Office.org Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang tergolong open source (untuk mengetahui lebih lanjut tentang software open source, kunjungi http://www.opensource.org). Aplikasi ini diproduksi oleh Sun Microsystems dan didistribusikan bersama aplikasi perkantoran lainnya dalam paket Open Office.org. Harganya yang murah dan didukung fitur-fitur yang lengkap serta kemudahan dalam pengoperasiannya membuat aplikasi ini banyak diminati oleh masyarakat. Dengan jumlah pemakai yang terus bertambah, aplikasi ini telah menjadi pesaing Microsoft  Office Word.

Dokumen yang dibuat dengan menggunakan Open Office.org Writer mempunyai format .odt. Akan tetapi aplikasi Open Office.org Writer juga mampu mengenali dokumen dengan format .txt, .swx, .doc, .rtf, .sdw, html, .pdb, .xml, dan .psw. Bahkan Open Office.org Writer versi 3.1 sudah dapat mengenali dokumen dengan format .docx. Untuk mengetahui aplikasi ini lebih lanjut, kita dapat mengunjungi situs http://www.openoffice.org.

Jendela aplikasi Open Office.org Writer

Jendela aplikasi Open Office.org Writer

Aplikasi Pengolah Kata WinEdt dan MikTex

WinEdt merupakan text editor yang banyak digunakan untuk mengolah kata dengan paket program Miktex. WinEdt dan Miktex merupakan aplikasi yang tergolong shareware. Aplikasi ini banyak digunakan untuk penulisan ilmiah. Aplikasi ini jarang dijumpai di masyarakat Indonesia karena penggunaannya yang relatif sulit. Dokumen yang dibuat dengan aplikasi WinEdtmempunyai pengenal .tex, .cls, .txt, .bib, .sty, dan sebagainya. Setelah diproses dengan menggunakan Miktex, barulah dokumen tersebut dapat dilihat seperti keluarannya, serta mempunyai format .dvi, .ps, dan .pdf. Masing-masing dokumen tersebut dapat dilihat dengan aplikasi dvi viewer (seperti Yap), dan pdf viewer(seperti Adobe Acrobat Reader).

Untuk informasi lebih lanjut tentang WinEdtdan Miktex, kunjungi situs http://www.winedt.com, http://www.winedt.org, dan http://www.miktex.org. Aplikasi ini juga  dapat kita download melalui situs tersebut.

Jendela aplikasi WinEdt dan Yap (dvi viewer)

Jendela aplikasi WinEdt dan Yap (dvi viewer)

Kata Kunci :

jenis jenis jendela aplikasi,jenis aplikasi pengolah kata,artikel aplikasi pengolah kata,Jenis jenis aplikasi pengolah kata,winedt adalah,program pengolah kata yang di buat oleh microsoft corporation,pengertian dan jenis-jenis dari aplikasi pengolah kata,aplikasi word processor yang jarang dipakai masyarakat karena relatif sulit penggunaannya adalah,sebutkan pengolah kata yang di buat oleh sun microsystems,4 aplikasi pengolah kata yang banyak dijumpai di masyarakat
Jenis-Jenis Aplikasi Pengolah Kata | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs