Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad

Tuesday, August 11th, 2015 - Membuat Dokumen Sederhana, TIK SMP Kelas 7

Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad – Pada kesemptan ini kamu akan belajar membuat file menggunakan salah satu aplikasi editor teks bernama Notepad. Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi ini? Di manakah letak Notepad pada Program Windows? Untuk mendapatkan aplikasi Notepad, ikuti langkah-langkah berikut. Klik Start >> All Programs >> Accessories >> Notepad. Perhatikan gambar jendela Notepad berikut.

Jendela Notepad

Jendela Notepad

Pada saat menjalankan sebuah aplikasi, tombol aplikasi tersebut mucul di taskbar. Tombol ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan (show) atau menyembunyikan (hide) jendela aplikasi. Cobalah meng-klik tombol tersebut beberapa kali dan lihatlah hasilnya.

Taskbar Windows XP

Taskbar Windows XP

Perhatikan jendela Notepad pada jendela notepad. Pada bagian paling atas atau paling bawah dapat dijumpai judul bar dengan tulisan Untitled–Notepad. Dokumen yang baru dibuka dan belum disimpan akan diberi nama Untitled.

Area berwarna putih yang mendominasi jendela Notepaddisebut workspace area. Pada area ini kamu dapat menulis dokumen. Klik pada workspace, kemudian ketikkan kalimat berikut.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows Xp. Saat ini telah muncul Windows Vista yang akan menggantikan Windows Xp. Semakin baru versi Windows yang kita gunakan, akan semakin tinggi pula kebutuhan perangkat kerasnya.

Ketika kamu mengetik kalimat tersebut, Notepad akan menuliskannya satu baris memanjang dari kiri ke kanan. Kamu hanya dapat melihat sebagian teks. Kamu dapat membaca kalimat yang tidak tampak dengan menggeser horizontal scroll bar. Perhatikan gambar berikut.

Kalimat ditulis memanjang pada sebuah workspace area Notepad.

Kalimat ditulis memanjang pada sebuah workspace area Notepad.

Gunakan mouse untuk menggeser horizontal scroll bar. Kamu bisa meng-klik tombol kiri mousetepat di atas scroll bar. Tahan dan geser ke arah kanan. Lepaskan jika sudah sampai di sisi kanan. Sekarang, kamu dapat membaca kalimat yang terhalang oleh jendela Notepad. Sebaliknya, jika ingin melihat kalimat di sebelah kiri, geser saja horizontal scroll barke kiri.Jendela Notepad Baru

Notepad menyediakan fasilitas Word Wrapyang dapat digunakan untuk menampilkan isi dokumen yang terformat dari atas ke bawah. Klik menu Format>> Word Wrap. Perhatikan gambar sebelum menu Word Warp diaktfikan berikut.

Tampilan Notepad sebelum menu Word Warp diaktifkan

Tampilan Notepad sebelum menu Word Warp diaktifkan

Perhatikan gambar setelah menu Word Wrap diaktifkan berikut.

Tampilan Notepad setelah menu Word warp diaktifkan

Tampilan Notepad setelah menu Word warp diaktifkan

Bagaimana perbedaan teks sebelum dan sesudah Wordwrap diaktifkan? Kamu dapat melihat teks lebih rapi dari sebelumnya.

Selanjutnya, arahkan kursor pada akhir kalimat. Kemudian, tekan tombol Enter. Tambahkan kalimat berikut tepat di bawah teks yang sudah ada.

Steven Paul Jobs (Steve Jobs) dan Bill Gates bukanlah dua orang ilmuwan. Bill Gates adalah salah seorang pendiri Microsoft. Adapun Steve Jobs pendiri Apple Computer dan pencetus ide komputer grafik bernama Macintosh yang legendaris.

Keduanya memulai karir di bidang teknologi informasi sekitar 30 tahun yang lalu. Kini, Microsoft telah menjadi perusahaan software terbesar di dunia. Adapun Apple Computer tetap memproduksi komputer grafik dan produk-produk lain yang inovatif. Jadi, keduanya adalah pengusaha software kelas dunia dan CEO dari perusahaan yang berbeda.

Tampilan Notepad setelah ditambahkan teks

Tampilan Notepad setelah ditambahkan teks

Perhatikan Gambar di atas. Pada gambar tersebut, teks hanya terlihat sebagian. Perhatikan bagian kanan jendela. Kamu dapat melihat vertical scroll bar. Jika kamu menggeser vertical scroll barke atas dan ke bawah maka isi dokumen dapat terlihat seluruhnya.

Setelah kamu mengetik teks, kamu dapat menyimpan hasil ketikanmu pada media penyimpan data (storage). Penyimpanan ini berguna jika sewaktu-waktu kamu memerlukan data yang telah kamu ketik. Simpanlah data yang telah kamu ketik pada sebuah file.

Windows membagi nama filemenjadi dua bagian, yaitu nama filedan extensionatau ekstensi. Antara nama filedengan ekstensi dipisahkan oleh titik “.”. Perhatikan contoh pada tabel berikut.

Tabel Contoh Pembagian Nama File

Nama File Ekstensi
Latihan.txt Latihan txt
Buku matematika.doc Buku Matematika doc

Bagaimana cara menyimpan dokumen pada Noteped? Pertama, kamu dapat mengarahkan kursor pada menu file. Kemudian, pilihlah menu save.

Tampilan Notepad ketika akan memilih menu Save

Tampilan Notepad ketika akan memilih menu Save

Tunggu sebentar sampai kotak dialog muncul. Setelah kotak dialog muncul, pilihlah lokasi penyimpanan dokumen. Misalkan, kamu akan menyimpan di My Document.

Tampilan Notepad ketika memilih My Document

Tampilan Notepad ketika memilih My Document

Selanjutnya, arahkan kursor ke kotak File name. Isilah nama file sesuai dengan yang kamu inginkan. Misalkan, nama fileyang kamu pilih adalah latihan.

Kotak yang diisi ketika akan menyimpan dokumen

Kotak yang diisi ketika akan menyimpan dokumen

Pada bagian lain, yaitu SaveAs Typedan Encoding tidak perlu kamu ubah. Kemudian, klik Saveuntuk menyimpan dokumen. Perhatikan gambar berikut.

Tampilan Notepad ketika File teleh diberi nama dan siap disave

Tampilan Notepad ketika File teleh diberi nama dan siap disave

Notepad akan menambahkan “txt” setelah nama file. Jadi, jika kamu menuliskan latihan pada kotak file name maka nama file sesungguhnya adalah latihan.txt.

Setelah file disimpan, perhatikan judul bar Notepad yang telah berubah. Kamu dapat melihat nama file, yaitu latihan. Lalu di mana extension txt? Windows biasanya akan menyembunyikan extension file. Oleh sebab itu, pada title bar Notepad nama file dituliskan latihan saja.

Tampilan Notepad yang telah disave dengan nama latihan.

Tampilan Notepad yang telah disave dengan nama latihan.

Kamu dapat membuka kembali fileyang sudah disimpan. Klik saja menu File,kemudian pilih menu Open. Lalu, carilah fileyang sudah kamu simpan.

Kata Kunci :

cara menggunakan notepad pada komputer,cara menggunakan notepad,langkah langkah yang benar untuk membuka aplikasi notepad adalah,cara membuka file dengan notepad,kamu harus membuat file tersebut dengan menggunakan aplikasi notepad atau bisa juga dengan,cara membuat file di notepad,kotak file name pada saat menyimpan dokumen diisi dengan,gambar cara membuat notepad pada laptop,cara membuat notepad pada windows 7,jelaskan secara urut cara membuat dokumen dengan menggunakan notepad
Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs