Mengenal Sistem Operasi

Wednesday, August 5th, 2015 - Mengenal Operasi Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Mengenal Sistem Operasi – Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows dan Linux. Windows dan Linux merupakan dua buah sistem operasi yang berbeda. Oleh sebab itu aplikasi yang digunakan di Windows tidak dapat digunakan di Linux, begitu pula sebaliknya.Mengenal Sistem Operasi Windows

Sistem operasi selain Windos XP dan Linux Ubuntu pun memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut pada tampilan desktop, bentuk tombol, bentuk ikon, jenis font (huruf), dan tampilan atau style. Agar kamu dapat mempelajari isi buku ini secara optimal sebaiknya kamu menggunakan sistem operasi yang digunakan postingan ini. Sistem operasi Windows dan Linux menyediakan  fasilitas pemakaian bersama. Maksudnya, beberapa  user (pengguna komputer) dapat menggunakan sebuah  komputer. Sistem operasi akan mengatur hak akses setiap  user. Sistem operasi semacam ini disebut sebagai sistem  operasi multiuser.

Setiap user yang menggunakan Windows atau Linux  harus memiliki identitas khusus yang disebut loginatau account. Logindapat diibaratkan seperti nomor induk  siswa. Setiap siswa harus memiliki nomor induk yang berbeda-beda. Nomor induk ini ditentukan oleh setiap  sekolah. Tidak boleh nomor induk siswa yang sama. Jadi, setiap pengguna Windows atau Linux akan mendapat login  yang berbeda-beda. Dari mana login ini dapat diperoleh? Pada sistem  operasi multiuserada user yang disebut superuser atau administrator atau root (dibaca: ruut). Administrator dapat diibaratkan seperti raja yang berhak mengatur user-user lain. Login administrator ini sudah ada ketika Windows 91 EJoinstall. Administrator berhak menentukan login  bagi setiap user.

Agar login usertidak digunakan oleh orang lain maka setiap user akan diminta untuk menentukan password atau kata sandi. Biasanya, password ditentukan oleh administrator ketika membuat login user. Setelah login diberikan kepada user maka userdapat untuk mengubah password yang sesuai dengan keinginannya.

Hal yang sama juga berlaku pada Linux. Linux juga merupakan sistem operasi multiuser. Superuser di Linux dapat dikenali dengan login root. Jadi, root dapat membuat login user dan menentukan password usertersebut.

Ketika kamu menggunakan komputer di laboratorium komputer, boleh jadi pengelola laboratorium telah menyediakan loginkhusus untuk kamu. Sebaiknya, informasi login atau passwordtidak diberitahukan kepada orang lain.

Ketika menggunakan Linux atau Windows bisa saja tidak ada permintaan untuk memasukkan login/password. Hal ini dapat terjadi karena administratortelah mengatur agar semua userdapat menggunakan komputer tanpa perlu mengetikkan login/password.

Apakah ada sistem operasi nonmultiuseratau single user? Tentu saja ada. Sistem operasi seperti DOS dan Mac OS juga beberapa sistem lain merupakan contoh sistem operasi single user. Artinya, kamu tidak dapat membuat login lain pada sistem operasi single user. Semua orang dapat menggunakan sistem operasi single user. Sistem operasi single usertidak mengenal istilah superuserdan nonsuperuser.

Sistem operasi mengatur penyimpanan informasi di media penyimpanan. Salah satu media penyimpanan yang populer, yaitu hard disk. Windows dan Linux menyimpan informasi menggunakan filedan folder. Folder atau direktori dapat dimisalkan seperti laci lemari. Adapun file atau berkas dapat dianalogikan sebagai kertas. Semua informasi penting akan “ditulis” pada file, kemudian file disimpan di dalam folder.

Biasanya jenis fileatau folderdapat dikenali dari bentuk ikon yang digunakan. Perhatikan contoh beberapa ikon file dan folderyang biasa digunakan oleh Windows dan Linux Ubuntu.

Lalu bagaimana cara melihat fileatau folder? Jika kamu menggunakan Windows, kamu dapat membuka Windows Explorer. Adapun untuk pengguna Linux Ubuntu bisa mengaktifkan File Browser. Cara mengaktifkan Windows Exploreratau File Browserakan dijelaskan pada subbab selanjutnya.

Kata Kunci :

pada linux biasanya password disimpan pada ekstensi file,Kelebihan dan kekurangan dari Sistem operasi single user DOS,pada linuk biasanya pasword disimpan pada ekstensi,Pada sistem operasi linux biasanya password disimpan pada ekstensi file
Mengenal Sistem Operasi | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs