Pengenalan Komputer

Monday, August 3rd, 2015 - Mengenal Operasi Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Pengenalan Komputer – Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Dapat menerima data atau instruksi (input).
  2. Memiliki unit memori kerja (working storage), untuk menampung instruksi-instruksi yang akan diproses.
  3. Dapat memproses data secara aritmatika dan logika (process).
  4. Dapat menghasilkan sesuatu dari data yang sudah diproses (output).
  5. Dapat menyimpan hasil proses (permanent storage) dan hasil penyimpanan dapat digunakan kembali.

Diagram komputer elektronik modern dapat kamu lihat pada gambar berikut.Pengenalan Komputer

Sebuah komputer modern sekurang-kurangnya memiliki dua buah piranti (peralatan) input, yaitu keyboard dan mouse. Komputer yang lebih canggih dilengkapi dengan joystick, scanner, kamera digital, digitizer, dan piranti lain. Piranti tambahan ini disebut peripheral.

Komputer Modern

Komputer Modern

Selain piranti input dan output, komputer juga memiliki piranti penyimpan data. Ada dua jenis piranti penyimpan data, yaitu removable storagedan nonremovable storage. Piranti nonremovable storage, biasanya berada di dalam komputer. Piranti ini bersifat tetap atau tidak dapat dibawabawa. Contoh removable storage adalah hard disk internal, RAM, dan ROM komputer.

Adapun piranti removable storagedapat dibawa kemana-mana. Piranti ini biasanya memerlukan suatu alat tertentu yang disebut drive. Contoh removable storage adalah floppy disk drive untuk floppy disk dan DVD atau CD drive untuk DVD/CD ROM.

Besaran yang digunakan untuk menyatakan ukuran kapasitas data pada media penyimpan disebut byte (B). Satuan lain untuk menyimpan kapasitas data, yaitu KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte) dan seterusnya.

Jangan tertukar dengan istilah bit. Bit atau binary digit berbeda dengan byte. 1 bytesetara dengan 8 bit. 10 bytesetara dengan 80 bit. Bitbiasanya digunakan untuk menyatakan kecepatan transfer data.

Ada berbagai jenis media penyimpanan, seperti CD DVD ROM, hard disk, floppy disk, tape, flash disk, dan ROM. Kapasitas penyimpanan data setiap media berbedabeda. Mulai dari beberapa ratus kilo bytesampai mencapai ratusan gigabyte.

Berdasarkan sifat baca atau tulis suatu media penyimpanan dikenal istilah read only, read write, dan write once read many. Ada media penyimpanan yang dapat dibaca dan ditulis berkali-kali (read-write atau rewritable), ada yang hanya bisa ditulis sekali saja (write once read many). Bahkan ada media penyimpanan yang hanya bisa dibaca saja (read only).

Kata Kunci :

yang termasuk non removable storage,contoh dari nonremovable stroage,ciri ciri penyimpanan write on read many,pengenalan komputer,yg termasuk non removable storage
Pengenalan Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs