Pengertian Komputer

Pengertian Komputer – Komputer saat ini menjadi alat bantu yang paling  banyak digunakan untuk mengolah informasi. Komputer  memiliki banyak manfaat. Hal apa saja yang dapat kamu  lakukan dengan bantuan komputer? Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin, computare, yang berarti menghitung. Bidang kajian ilmu  komputer cukup luas maka beberapa ahli mendefinisikan  komputer sebagai berikut.

1. Menurut Hamacher

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital. Kemudian, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2. Menurut Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut.

  • Menrima input
  • Memproses input
  • Memproses input dengan suatu programnyaMenyimpan perintah dan hasil pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi

3. Menurut Fuori

Komputer adalah suatu alat pemproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Perintah-perintah atau sekumpulan instruksi yang diberikan untuk mengendalikan cara kerja komputer disebut program. Berdasarkan jenis instruksi dan cara mengolah informasi maka komputer dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

  • Komputer Digital
  • Komputer analog
  • Komputer hibrid
Pengertian Komputer

(a) Komputer digital (b) Komputer analog (c) komputer hibrid

Semua komputer digital bekerja dengan cara memanipulasi listrik yang diwakilkan dalam bentuk bilangan biner (binary). Sistem bilangan biner terdiri atas bilangan 1 dan 0. Bilangan 1 digunakan untuk mewakili kondisi on(logika 1 atau TRUE) dan bilangan 0 mewakili kondisi off (logika 0 atau FALSE).

Baca juga

Jika komputer digital bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik on/off(nyala/padam) maka komputer analog bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik secara terusmenerus. Dengan demikian, komputer analog cocok digunakan sebagai alat penghitung suhu, tekanan udara, denyut nadi/jantung, dan informasi lain yang bersifat terus- menerus. Komputer analog tidak menggunakan sistem bilangan biner. Menurutmu, sistem bilangan apakah yang digunakan komputer analog?

Agar kamu dengan mudah memahami informasi yang bersifat kontinu, perhatikan bagaimana dawai atau senar gitar bergetar. Sinyal listrik dengan amplitudo tertentu diolah oleh komputer analog menjadi informasi yang bermanfaat.

Komputer hibrid merupakan gabungan komputer analog dan digital. Ada hal-hal tertentu yang lebih cepat dan lebih akurat diselesaikan oleh komputer analog. Oleh karena itu, komputer digital perlu dipadukan dengan komputer analog.

Pengertian Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs