Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya

Saturday, August 8th, 2015 - Praktik Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya – Pada kesempatan kali ini admin it-artikel.com akan berbagi tentang Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal.

Software aplikasi dibuat untuk keperluan pengguna komputer. Software aplikasi sangat banyak jumlahnya. Ada software yang dibuat untuk keperluan komersial atau diperjualbelikan. Ada juga yang sengaja dibuat untuk keperluan nonkomersial atau disebarkan secara cumacuma. Setiap softwareaplikasi memiliki nama dan fungsi tertentu. Pada bagian ini akan dibahas beberapa software aplikasi yang banyak digunakan masyarakat.

Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya

1. Aplikasi Office

Aplikasi officeatau office suitemerupakan aplikasi yang paling populer. Aplikasi officedibuat untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan kantor. Aplikasi officeyang terkenal adalah Microsoft Office (MS Office). MS Office terdiri atas aplikasi berikut.

a. MS Word

MS Word merupakan aplikasi pengolah kata (word processor). kamu dapat menggunakannya untuk membuat doku men, seperti makalah, pamflet, buku, dan surat resmi.

b. MS Excel

MS Excel merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet). MS Excel dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang melibatkan tabel.

c. MS PowerPoint

MS PowerPoint merupakan aplikasi presentasi (presentation). Soft ware ini sering digunakan untuk membuat halaman presentasi.

d. MS Access

MS Access merupakan aplikasi basis data (data base). Basis data banyak digunakan untuk keperluan penyimpanan dan pengolahan data berukuran besar. Biasanya data disimpan di komputer khusus yang disebut server data base.

Contoh lain aplikasi office adalah OpenOffice.org (OOo) yang merupakan salah satu aplikasi open source. Aplikasi yang disediakan oleh OpenOffice.org yaitu sebagai berikut.

  • OOo Writer, merupakan aplikasi word processor (fungsinya mirip dengan MS Word).
  • OOo Calc, merupakan aplikasi spreadsheet (mirip dengan MS Excel).
  • OOo Impress, merupakan aplikasi presentation (mirip dengan MS PowerPoint).
  • OOo Base, merupakan aplikasi data base(mirip dengan MS Access).
  • OOo Draw, merupakan aplikasi gambar (drawing). Kamu dapat membuat gambar dan bagan-bagan menggunakan aplikasi Draw.

Aplikasi dalam sebuah office suite dapat berbeda-beda, bergantung versi dan jenis softwaretersebut. Berikut ini merupakan tampilan Microsoft Office 2007.

2. Aplikasi Desktop Publishing

Aplikasi desktop publishingbanyak digunakan di perusahaan penerbit buku, majalah, dan koran. Aplikasi desktop publishingdigunakan untuk membantu menyusun dan menyelesaikan layout(tata letak) halaman. Beberapa contoh aplikasi desktop publishing sebagai berikut.

  • MS Publisher, biasanya sudah disertakan bersama MS Office Profesional.
  • Adobe Page Maker.
  • Scribus, salah satu aplikasi open source yang digunakan di Linux.

3. Aplikasi CAD/CAM

CAD/CAM merupakan singkatan Computer Aided Design/Computer Aided Manufacture. Kedua jenis software tersebut banyak digunakan untuk desain atau pemodelan di dunia industri dan pendidikan. Sebagai contoh, perusahaan pembuat pesawat terbang menggunakan softwareCAD/CAM untuk membantu memperkirakan bentuk akhir pesawat yang sedang dibuat. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya kerugian akibat kesalahan desain. Contoh software CAD/CAM sebagai berikut.

a. AutoCAD

Cukup banyak lembaga pendidikan yang mengajarkan penggunaan softwareAutoCAD. Salah satu kegunaan SoftwareAutoCAD untuk desain atau membuat arsitek tur suatu contoh bangunan.

b. SAP2000

SAP2000 digunakan untuk keperluan simulasi struktur bangunan. Biasanya softwareini banyak digunakan oleh insinyur teknik sipil.

4. Aplikasi Internet

Aplikasi Internet merupakan jenis software yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan Internet. Beberapa contoh layanan Internet yang populer, yaitu web, e-mail, chatting, dan FTP. Aplikasi Internet saat ini semakin populer dan semakin mudah digunakan. Contoh aplikasi Internet sebagai berikut.

a. Internet Explorer

Internet exploler merupakan aplikasi Web browseryang digunakan untuk mengakses situs atau home page.

b. Thunderbird

Thunderbird merupakan aplikasi e-mail clientyang digunakan untuk mengirim dan membaca e-mail.

c. mIRC

mIRC merupakan aplikasi chatting. Kamu dapat mengguna kan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri sekalipun. Selain mIRC kamu juga dapat menggunakan aplikasi chatting Yahoo Messenger untuk berkomunikasi dengan orang yang berbeda tempat denganmu.

5. Aplikasi Editor Teks

Aplikasi editor teks adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan dokumen sederhana. Dalam istilah teknis, dokumen sederhana disebut file textatau plaintext. Kamu dapat menulis sesuatu, seperti menulis puisi, ide cerita, tugas-tugas, dan dokumen lainnya dengan menggunakan editor teks. Namun, pada editor teks kamu tidak dapat mengatur tata letak (layout), tidak dapat memasukkan gambar. Kamu juga tidak dapat membuat tabel-tabel seperti pada aplikasi pengolah kata.

Editor teks memiliki banyak manfaat, terutama jika kamu mengetik teks yang tidak memerlukan tata letak (layout). Pada bab selanjutnya, kamu akan belajar menggunakan salah satu editor teks, yaitu Notepad. Notepad tersedia pada sistem operasi Windows.

Baca juga :

Selain Notepad, ada editor teks lain yang disediakan oleh Windows. Editor teks tersebut adalah Wordpad. Wordpad merupakan editor teks yang lebih canggih dan lebih kaya fasilitas (rich) dibandingkan Notepad. Wordpad juga dapat menghasilkan fileteks dan filedalam format lain yang disebut fileRTF (Rich Text Format). Dokumen yang sudah dibuat dengan aplikasi Notepad dapat dibuka pada aplikasi Wordpad.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya dari admin it-artikel.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Perangkat Internal Komputer

Kata Kunci :

apakah aplikasi internet itu dan jenisnya,jenis jenis software aplikasi,software presentasi dan jenis jenisnya,sebutkan jenis-jenis program aplikasi yang kamu ketahui,Arti dari software aplikasi beserta jenisnya,pengertian aplikasi dan jenisnya,pengertian software aplikasi,pengertian software cam,pengertian software dan jenis nya,perangkat lunak berdasarkan jenisnya
Pengertian Software Aplikasi dan Jenis-Jenisnya | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs