Pengertian Software Sistem dan Jenisnya

Monday, August 10th, 2015 - Praktik Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Pengertian Software Sistem dan Jenisnya –¬†Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer. Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer.

a. Sistem Operasi

Sistem operasi kadang disingkat sebagai OS atau O/S. Sistem Operasi merupakan softwareyang mengatur atau mengelola sumber daya komputer. Semua komputer memerlukan sistem operasi agar komputer tersebut dapat bekerja. Contoh sistem operasi sebagai berikut.

  • MS DOS, merupakan sistem operasi mode teks yang banyak digunakan pada komputer jenis lama.
  • OS/2, merupakan sistem operasi grafis yang di kembangkan oleh IBM.

    DOS, sistem operasi mode teks yang digunakan pada komputer jenis lama

    DOS, sistem operasi mode teks yang digunakan pada komputer jenis lama

  • Windows, merupakan sistem operasi grafis yang dibuat oleh Microsoft.
  • Linux, merupakan sistem operasi untuk serverInternet yang bersifat open source.Hubungan antara sistem operasi dan aplikasi dapat dilihat pada Gambar 4.15.

b. Compiler dan Interpreter

Compilerdan interpretermerupakan software yang digunakan untuk membuat program komputer. Orang yang membuat program komputer disebut programmer. Perbedaan antara compilerdan interpreterterletak pada hasil akhirnya. Compiler dapat menghasilkan file biner,sedangkan interpretertidak dapat menghasilkan file biner.

Sejarah perjalanan bahasa pemprograman cukup panjang. Orang yang diakui sebagai programmerpertama dunia adalah seorang matematikawan wanita. Matematikawan tersebut bernama Agusta Ada Byron atau lebih dikenal dengan nama Ada Lovelace. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama bahasa pemprograman ADA, yang dikembangkan oleh Pentagon. Pada tahun 1975, Bill Gates bersama Paul Allen (pendiri Microsoft) berhasil menciptakan bahasa pemprograman BASIC untuk komputer mikro bernama MITS Altair. Bahasa BASIC kali pertama dibuat pada tahun 1963, oleh dua orang ahli matematika bernama John George Kemeny and Tom Kurtzas. Hingga kini bahasa BASIC masih disukai orang dan telah dikembangkan untuk Windows dengan nama Visual Basic.

Kedudukan bahasa pemprograman dan compiler sangatlah penting. Masih ingatkah kamu dengan program yang dibuat dengan menggunakan kartu berlubang? Perkembangan softwaretidak akan secepat seperti sekarang jika tidak ditemukan bahasa pemprograman dan compiler.

Contoh compiler yang populer sebagai berikut.

  • Turbo Pascal
  • GNU C++
  • Borland Delphi
  • Visual Basic

c. SoftwareUtilitas

Softwareutilitas kadang disebut service program, service routine, atau tool. Software utilities merupakan jenis softwareyang dibuat untuk meningkatkan dan melengkapi kemampuan sistem operasi. Utilitas dapat membantu mengelola hardware, melakukan sistem operasi, dan mengelola aplikasi. Utilitas saat ini telah disertakan bersama sistem operasi. Contoh utilitas sebagai berikut.

  • Norton Speed Disk, merupakan contoh utilitas disk defragmenteryang digunakan untuk mengatur urutan penempatan filepada hard disk.
  • AVG Anti Virus, merupakan utilitas virus scanner yang digunakan untuk mendeteksi dan mengobati filefile yang sudah terinfeksi virus komputer.

    AVG anti virus merupakan contoh software utilitas

    AVG anti virus merupakan contoh software utilitas

  • WinRAR, merupakan contoh utilitas archiveyang digunakan untuk keperluan kompresi/dekompresi (pemadatan) file.
Pengertian Software Sistem dan Jenisnya | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs