Perangkat Internal Komputer

Thursday, August 6th, 2015 - Praktik Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Perangkat Internal Komputer – Perangkat keras yang menjadi “otak komputer” disebut CPU (Central Processing Unit). CPU ada di dalam kotak atau casingkomputer dan umumnya hanya dapat dilihat jika kamu membuka casing-nya. Jika kamu menggunakan casing komputer yang tembus pandang, kamu dapat melihat CPU tanpa harus membuka casing.

Piranti bagian dalam

Piranti bagian dalam

CPU dan beberapa komponen lainnya dapat dijumpai pada sebuah papan induk (mainboard) atau motherboard. Masih ingatkah kamu dengan komputer yang pertama dibuat? Bandingkan ukuran komputer tersebut dengan ukuran motherboard PC.

Pada motherbord, ada jalur-jalur tembaga yang menghubungkan setiap komponen. Motherboard diibaratkan seperti sebuah kota yang memiliki banyak bangunan. Adapun jalur-jalur tembaga bagaikan jalanjalan yang menghubungkan setiap bangunan. Jadi, ada banyak komponen yang dapat dijumpai pada sebuah motherboard.

Beberapa komponen utama motherboardsebagai berikut.

  • CPU (Central Processing Unit) disebut juga prosesor.
  • RAM (Random Acces Memory) atau memori komputer.
  • BIOS (Basic Input Output System) atau ROM.
  • Chipset, sekumpulan chipyang memiliki fungsi khusus.
  • VGA cardatau graphics card.
  • Expansion slot, sekumpulan slotyang digunakan untuk memasang perangkat tambahan.
Komponen utama Motheboard

Komponen utama Motheboard

Motherboard dibuat oleh berbagai pabrik sehingga tipe dan bentuknya beraneka ragam. Perhatikan gambar salah satu motherboard berikut.

motherboard

Motherboard

Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheralbiasanya berupa piranti inputatau output. Untuk menghubungkan peripheraldengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface(antar muka). Umumnya, interfaceini dapat dijumpai di belakang casing komputer.

Berbagai tipe port interface

Berbagai tipe port interface

Tipe port interface sangatlah banyak.

Kata Kunci :

perangkat internal,yhs-fullyhosted_010,perangkat keras internal komputer,perangkat internal komputer,komponen internal komputer,macam macaM perangkat internal,bagian internal komputer,perangkat internal/komputer,perangkat internal pada komputer,perangkat internal komputer terbaru
Perangkat Internal Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs