Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal

Saturday, August 8th, 2015 - Praktik Dasar Komputer, TIK SMP Kelas 7

Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal – Pada kesempatan ini admin it-artikel.com akan berbagi tentang Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Perangkat Internal Komputer.

Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal

Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal

Perangkat lunak atau software sama pentingnya dengan perangkat keras. Jika kamu menggunakan komputer yang bagus namun softwareyang digunakan tidak bagus, komputer tersebut tidak akan banyak bermanfaat.Orang yang membuat software disebut programmer. Programmer menulis kode-kode program seperti seorang penulis mengarang buku.

Selanjutnya, ada berapa jenis perangkat lunak komputer? Tidak ada batasan yang pasti. Namun, para ahli mengelompokkan software berdasarkan fungsinya. Secara umum, software komputer dibagi menjadi dua bagian, yaitu software aplikasi dan software sistem.

1. SoftwareAplikasi

Softwareaplikasi dibuat untuk keperluan pengguna komputer. Software aplikasi sangat banyak jumlahnya. Ada software yang dibuat untuk keperluan komersial atau diperjualbelikan. Ada juga yang sengaja dibuat untuk keperluan nonkomersial atau disebarkan secara cumacuma. Setiap softwareaplikasi memiliki nama dan fungsi tertentu. Pada bagian ini akan dibahas beberapa software aplikasi yang banyak digunakan masyarakat.

  • Aplikasi Office
  • Aplikasi Desktop Publishing
  • Aplikasi CAD/CAM
  • Aplikasi Internet
  • Aplikasi Editor Teks

2. Software Sistem

Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer. Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer.

  • Sistem Operasi
  • Compiler dan Interpreter
  • SoftwareUtilitas

3. Perangkat Akal

Perangkat akal atau brainwaretidak sering disinggung pada pembahasan perangkat komputer. Banyak pakar komputer yang berpendapat bahwa brainware bukan merupakan bagian dari teknologi informasi. Hal tersebut mungkin karena manusia bukan suatu perangkat, melainkan makhluk hidup. Namun, teknologi secanggih apapun masih memerlukan manusia untuk menjalankannya.Tidak ada orang yang mampu menguasai semua bidang. Dalam teknologi informasi dan komunikasi terdapat pembagian bidang keahlian. Kamu mungkin pernah mendengar istilah operator, programmer, web develover, system analyst, network administrator, network engineer, dan IT Consultant. Istilah tersebut merupakan istilah pekerjaan dalam bidang teknologi informasi. Kamu pun dapat berprofesi di bidang teknologi informasi.

Baca juga :

Demikianlah informasi singkat yang bisa admin it-artikel.com bisa bagikan untuk anda tentang Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Dasar Pengoperasian Ubuntu.

Kata Kunci :

judul buku mengenal perangkat komputer,perangkat akal disebut juga
Perangkat Lunak Komputer dan Perangkat Akal | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs