Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi – Peralatan atau perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak jenisnya. Beberapa di antaranya dapat kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian lagi jarang kamu jumpai dan mungkin hanya dapat dilihat di televisi.

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ada peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat untuk keperluan umum. Ada juga yang hanya boleh dimiliki oleh negara. Agar mudah diidentifikasi, berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi akan dibagi menjadi dua bagian.

  • Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang memerlukan media penghantar fisik (kabel) atau disebut wirelineatau wiredcommunication device.
  • Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang tidak memerlukan media penghantar fisik atau disebut wireless communication device.

1. Wireline

Peralatan yang termasuk kedalam kategori wireline dapat dikenali dari penggunaan kabel atau media penghantar. Biasanya, media penghantar berupa kabel tembaga atau serat optik. Contoh peralatan yang termasuk wireline sebagai berikut.

a. Telegraf

Telegraf berasal dari kata teleyang berarti jauh dan grapheinyang berarti menulis. Telegraf merupakan peralatan komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk kode morse. Telegraf pernah sangat populer sebelum telepon digunakan secara meluas.

b. Telex

Telexatau kadangkala disebutteletypewritermerupakan pengembangan dari telegraf. Telex dapat mengirim pesan berupa teks dengan menggunakan bahasa yang umum sehingga mudah dipahami oleh siapa saja. Hal ini sangat berbeda dengan telegraf yang hanya mampu mengirim pesan berupa kode-kode morse.

c. Telepon

Telepon berasal dari kata tele dan phone yang berarti suara jauh. Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat menyampaikan pesan berupa suara atau percakapan.

d. Faksimili (Facsimile)

Facsmileberasal dari bahasa Latin, yang berarti membuat sama atau menyalin sama. Faksimili adalah alat komunikasi yang dapat menyalin informasi gambar dan teks. Bayangkan saja faksimili seperti mesin foto kopi jarak jauh. Faksimili kadang disebut faks. Generasi terbaru mesin faks dapat menghasilkan gambar dengan kualitas seperti foto berwarna.

2. Wireless

Tidak selamanya media kabel dapat digunakan sebagai media komunikasi. Dua buah tempat yang dipisahkan oleh laut yang sangat luas biasanya tidak dihubungkan dengan kabel. Sebagai gantinya digunakan gelombang radio untuk menghubungkan kedua tempat tersebut. Beberapa perangkat komunikasi yang ada di sekitarmu, yaitu wireless telegraphy, telepon genggam, walki talkie, radio, televisi, dan PDA.

Wireless telegraphymerupakan contoh pengembangan telegraf. Adapun telepon genggam merupakan contoh pengembangan telepon kabel. Jadi, perbedaan utama antara perangkat wiredan wirelessadalah media pengangkut informasi yang digunakan. Media yang digunakan alat komunikasi wirelessadalah gelombang radio. Untuk mengantisipasi jarak yang sangat jauh maka digunakan peralatan canggih yang disebut satelit. Satelit ditempatkan di atas bumi. Satelit dapat menjangkau berbagai wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh kabel.

Bukanlah hal yang mudah untuk membedakan alat komunikasi dengan hanya melihat media yang digunakan. Sebagai contoh, saat ini teknologi jaringan komputer yang disebut Internet telah digunakan sebagai media komunikasi. Komputer tidak hanya sekadar mesin hitung dan mesin tik yang canggih. Komputer sudah dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan fasilitas Internet. Umumnya, komputer memanfaatkan jaringan kabel telepon untuk terhubung dengan Internet.

Beberapa metode koneksi Internet yang tersedia sebagai berikut.

  • Dial-upmerupakan koneksi Internet menggunakan kabel telepon.
  • ISDN merupakan koneksi Internet menggunakan kabel telepon digital.
  • Leased linemerupakan koneksi Internet yang menggunakan kabel khusus (private line).

Komputer juga dapat terhubung ke Internet menggunakan gelombang radio (wireless). Namun teknologi wirelessInternet lebih sedikit daripada wireline Internet. Informasi yang bisa disampaikan melalui Internet sangat beragam, mulai dari teks, suara, gambar, dan video. Komputer merupakan alat komunikasi serbaguna yang sangat diandalkan sekarang dan pada masa yang akan datang.

Kata Kunci :

Perangkat fisik dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu,teknologi komunikasi pada jaringan komputer dan telepon,Perangkat komunikasi,perangkat TIK,perangkat fisik dari teknologi informasi dan komunikasi,perangkat fisik dari TIK yaitu,perangkat teknologi informasi dan komunikasi,jelaskan perbedaan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi,Sebut dan jelaskan perangkat yang termasuk teknologi informasi,sebutkan perangkat alat teknologi komunikasi dan informasi
Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs