Mengenal Macam-Macam Grafis

Monday, September 14th, 2015 - TIK SMA Kelas 12

Mengenal Macam-Macam Grafis – Dilihat dari jenisnya, grafis dibedakan menjadi dua macam yaitu grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap.

Mengenal Macam-Macam Grafis

Mengenal Macam-Macam Grafis

Grafis berbasis vektor

Grafis vektor (vector image)adalah gambar yang terbentuk dari rangkaian titik-titik yang berhubungan. Grafik ini mengandung unsur-unsur vektor seperti arah, ukuran, sudut, ketebalan, warna, dan lainnya. Grafis vektor tidak tersimpan dalam sebuah gambar, tetapi tersimpan sebagai rangkaian instruksi, yang disebut algoritma.

Grafik vektor mempunyai beberapa kelebihan karena sifatnya yang scalablesehingga memungkinkan Anda untuk memperbesar atau memperkecil ukuran image tanpa mengubah kualitasnya grafis tersebut dan tidak tergantung pada resolusi. Di samping itu, vektor juga memiliki gradasi warna yang lebih halus.

Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk membuat grafik vektor antara lain Adobe Illustrator, CorelDRAW, Macromedia Freehand, dan AutoCAD.

Grafis berbasis bitmap

Grafis bitmap (bitmap image)adalah rekonstruksi dari gambar asli yang tersimpan sebagai rangkaian titik-titik (pixel)yang memenuhi layar monitor. Semua informasi gambar dinyatakan dalam pixel. Untuk menampilkan bitmap image, komputer akan mengatur tiap titik di layar monitor sesuai dengan detail warnanya.

Kelemahan dari gambar bitmap adalah rosolusinya yang tidak dapat diperbesar ataupun diperkecil, sebab resolusinya tergantung pada gambar asli. Ukuran filenya relatif besar karena tersimpan dalam format pixel, bukan dalam instruksi gambar.

Kualitas gambar bitmap akan menurun apabila file gambar dikompres. Meskipun begitu, gambar bitmap juga mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya adalah pengolahannya yang relatif minimal, dan cepat ditampilkan, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung ke layar monitor.

Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat grafik bitmap adalah Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, dan Macromedia Firework. Untuk lebih jelasnya, perbandingan antara grafis berbasis vektor dengan grafis berbasis bitmap adalah sebagai berikut.

Kata Kunci :

gambar yang terbentuk dari rangkaian titik titik yang berhubungan disebut,gambar yg terbentuk dari rangkaian titik yg berhubungan disebut,gambar yang terbentuk dari rangkaian titik yang berhubungan merupakan pengertian dari,gambar yang terbentuk dari rangkaian titik yang berhubungan merupakan pengertian dati,Gambar yang berbentuk rangkaian titik titik yang berhubungan,gambaran yang berbentuk dari rangkaian titik titik yang berhubungan disebut,gambar yg terbentuk dari titik titii pixel di sebut,gambar yang terbentuk dari rangkaian titik yang berhubungan merupakan pengertian daro,rangkaian titik menjadi gambar,macam macam grafis tik
Mengenal Macam-Macam Grafis | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs