Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12

Thursday, September 10th, 2015 - TIK SMA Kelas 12

Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12 -Pada kesempatan ini admin it-artikel.com akan berbagi tentang Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Menunjukkan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12.

Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12

Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12

a. Melalui Keyboard 

Untuk memberikan perintah melalui keyboard, caranya dengan menekan tombol alternate(Alt) atau tombol control(Ctrl). Contoh menggunakan perintah melalui tombol Alt seperti: menampilkan menu File (Alt+F), menu Edit (Alt+E), menu View (Alt+V), menu Layout (Alt+L), menu Arrange (Alt+A), Effects (Alt+C), Bitmaps (Alt+B), Text (Alt+T), Tools (Alt+O), Window (Alt+W), dan Help (Alt+H). Berikut adalah tiga contoh tampilan dari Menu Bar yaitu File, Edit, dan Window.

1) File (Alt-F)

Kelompok menu File ini berhubungan dengan kegiatan operasi file. Menu ini mempunyai submenu seperti berikut.

Menu File (Alt+F)

Menu File (Alt+F)

2) Edit (Alt-E)

Kelompok menu Edit ini berhubungan dengan penyuntingan (editing) teks maupun gambar. Menu ini mempunyai submenu seperti berikut.

Menu Edit (Alt+E)

Menu Edit (Alt+E)

3) Window (Alt-W)

Kelompok menu Window ini berhubungan dengan pengaturan jendela kerja suatu dokumen. Menu ini mempunyai submenu seperti berikut.

Menu Window (Alt+W)

Menu Window (Alt+W)

Di samping menggunakan cara tersebut, Anda juga dapat memberikan perintah melalui tombol Ctrl (control), contohnya: New (Ctrl+N), Open (Ctrl+O), Save As… (Ctrl+Shift+S), Print… (Ctrl+P), Copy (Ctrl+C), Paste (Ctrl+V).

b. Melalui Mouse 

Dalam memberikan perintah melalui mouse, Anda tinggal mengarahkan dan menggerakkan petunjuk mouse ke objek yang dituju, kemudian lakukan klik atau double klik atau draging. Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam menggunakan mouse.

  • Klik : menekan tombol mouse sebelah kiri satu kali dan segera melepaskannya.
  • Klik ganda : melakukan penekanan tombol mouse sebelah kiri dua kali dengan cepat atau dua kali klik (double klik).
  • Klik kanan : menekan tombol mouse sebelah kanan satu kali dan segera melepaskannya.
  • Shift+Drag : menekan tombol Shift sambil melakukan drag.
  • Shift+Klik : menekan tombol Shift sambil melakukan satu kali klik.
  • Ctrl+Drag : menekan tombol Ctrl dan melakukan drag.
  • Shift+Ctrl+Drag : menekan tombol Shift dan Ctrl kemudian melakukan drag.
  • Ctrl+Klik : menekan tombol Ctrl dan klik.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12 dari admin it-artikel.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Menjalankan Program CorelDRAW 12

Kata Kunci :

tuliskan minimal 10 tools yang terdapat pada toolbar corel draw,menekan tombol mouse sebelah kiri satu kali dan segera melepaskannya disebut,menekan tombol mouse sebelah kiri satu kali dan segera melepaskan disebut,Apabila tombol alt ditekan bersama sama pada tombol v maka akan terlihat dub sub menu dari menu pada coroldraw,tombol alt di layout coreldraw,tombol keyboard yang dipakai untuk menampilkan menu effects adalah,menu edit alt f coreldraw,menu corel draw yang berhubungan dengan pengaturan jendela kerja suatu dokumen,menggunakan menu dan ikon,tombol pada coreldrow seperti alt d
Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12 | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs