Persiapan Membuat Grafis

Sunday, September 13th, 2015 - TIK SMA Kelas 12

Persiapan Membuat Grafis – Pada kesempatan ini admin it-artikel.com akan berbagi tentang Persiapan Membuat Grafis, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Mengatur Tampilan Jendela CorelDRAW 12.

Sebelum Anda membuat grafis yang baru, setidaknya terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu; 1) Apakah Anda akan menggunakan ukuran satuan inchi, mili, atau centimeter (silakan pilih), 2) Apakah jenis kertas yang akan Anda gunakan untuk membuat projek baru tersebut?

Persiapan Membuat Grafis

Persiapan Membuat Grafis

Mengatur halaman kerja (Page Setup)

Pengaturan halaman kerja sangat penting karena akan mempermudah kita dalam bekerja, seperti posisi halaman, ukuran kertas, dan dan satuan yang digunakannya. Langkah-langkah pengaturan halaman sebagai berikut.

  • Lakukan double klik pada Page Borderatau klik menu Layout> Page Setup… Selanjutnya ditampilkan dialog seperti berikut.

    Kotak dialog Options

    Kotak dialog Options

  • Pada kotak dialog tersebut terdapat Normal Paperyang terdiri atas pilihan: Portraitdan Landscape. Portrait untuk posisi halaman tegak lurus/vertikal, sedangkan Landscape untuk posisi halaman mendatar/ horizontal. Pada bagian label digunakan untuk membuat desain objek yang sudah disediakan oleh CorelDRAW semacam template.
  • Pada pilihan Paperdigunakan untuk memilih jenis kertas yang dibutuhkan. Pilihan Widthuntuk mengatur lebar ukuran halaman dan Heightuntuk mengatur tinggi halaman. Anda bisa memilih jenis dan ukuran halaman sesuai dengan bentuk desain yang akan dibuat.
  • Jenis kertas yang umum dipakai Letter, Legal, atau A4. Jika di dalam daftar pilihan kertas tidak ada, maka Anda dapat menentukan sendiri panjang kertas dan lebar kertas dengan mengeklik tool Paper Width and Height. Di samping itu, Anda juga perlu menentukan posisi kertas, apakah menggunakan Portrait (tegak) atau Landscape (mendatar). Dalam satu file CorelDRAW dapat terdiri dari beberapa halaman, di mana masing-masing halaman dapat kita gunakan untuk menggambar grafis.
  • Klik OKuntuk mengakhirinya.

Menyisipkan halaman baru

Dalam tampilan standar, di bagian bawah page border (doc.navigator) tertera tampilan page. Anda dapat menambahkan halaman baru hingga beberapa halaman, caranya ikuti langkah-langkah seperti berikut.

Insert Page

Insert Page

1) Tunjuk dan klik menu Layout> Insert Page…, dapat juga Anda menekan tombol Page Upatau Page Down. Selanjutnya CorelDRAW akan menampilkan dialog seperti di samping.

2) Pada kotak dialog Insert Page, tentukan pilihan Anda untuk hal-hal seperti berikut.

  • Insert untuk menentukan jumlah penyisipan halaman. Pilihan Before untuk menempatkan penyisipan sebelum halaman yang aktif, sedangkan Afteruntuk menempatkan penyisipan setelah halaman yang aktif. Page menunjukkan posisi halaman yang sedang aktif.
  • Portrait adalah posisi kertas tegak lurus, sedangkan Landscapeadalah posisi kertas mendatar (melintang).
  • Paperuntuk mengatur jenis kertas yang akan digunakan, misalnya: Letter / Legal / Tabloid / A1 / A2 / A3, dan seterusnya. Width untuk menentukan ukuran lebar kertas yang akan digunakan. Heightuntuk menentukan tinggi halaman lembar kerja.

3) KlikOK(setelah Anda menetapkan parameter tersebut). Di samping menggunakan cara-cara tersebut di dalam menyisipkan (menambah) halaman, Anda juga dapat mengeklik tanda plus (+) pada doc.navigator.

Menghapus halaman

Halaman kerja yang berlebih atau tidak dipakai lagi dapat dihapus. Untuk menghapus halaman kerja, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda mempunyai lebih dari satu halaman kerja, kemudian klik Layout> Delete Page… . Selanjutnya tampil dialog seperti gambar di bawah.

    Delete Page

    Delete Page

  • Tuliskan angka (nomor halaman) yang akan dihapus pada isikan Delete page, misalnya: 2 atau 3.
  • Klik OKuntuk mengakhirinya. Jika kotak isian diisi dengan nilai yang salah, maka akan Anda jumpai pesan kesalahan berupa kotak dialog Invalid Delete Page.

Mengganti nama halaman

Rename Page

Rename Page

Penamaan halaman kerja biasa dilakukan untuk menginformasikan tentang data yang ada di dalamnya. Langkah-langkah mengganti nama halaman adalah sebagai berikut.

  • Siapkan dua atau lebih halaman kerja kemudian pada Page 2lakukan klik menu Layout> Rename Page… Selanjutnya ditampilkan dialog seperti di samping.
  • Tuliskan nama pengganti pada isian Page name: misalnya: Segitiga
  • Klik OKuntuk mengakhirinya. Selanjutnya Doc.NavigatorAnda akan berubah.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Persiapan Membuat Grafis dari admin it-artikel.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12.

Kata Kunci :

sebutkan hal hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yang baru,mengapa pengaturan halaman kerja sangat penting,menempatkan penyisipan sebelum halaman yang aktif maka pilihan pada dialog insert page adalah,Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yang baru,hal hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yang baru,Sebutkan hal hal yang perlu di perhatikan sebelum membuat grafis yang baru,hal hal yg perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yg baru,hal hal yg perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yg baru ?,hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat grafis baru,hal hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat grafis yg baru
Persiapan Membuat Grafis | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs