Cara Membuat poster menggunakan Adobe Photoshop

Tuesday, October 20th, 2015 - TIK SMA Kelas 12

Cara Membuat poster menggunakan Adobe Photoshop – Poster merupakan sarana informasi yang saat ini banyak sekali digunakan. Melalui poster orang dapat menawarkan barang dagangan, menginformasikan suatu kegiatan, melakukan kampanye, dan lain sebagainya. Berikut ini kita akan belajar membuat sebuah poster mengenai suatu kegiatan, yaitu kegiatan tur. Poster ini akan kita buat dengan memanfaatkan dua buah gambar yang akan digabungkan kemudian diberi teks. Untuk lebih memperindah poster tersebut kita akan menambahkan berbagai animasi pada teks. Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.

1) Menjalankan program Adobe Photoshop.

2) Membuka file yang berisi gambar pantai yang akan dijadikan latar belakang poster kita.

3) Membuka file yang berisi gambar motor.

Gambar image yang akan dibuat poster

Gambar image yang akan dibuat poster

4) Menyeleksi gambar motor yang ada pada file kedua, kemudian memasukkannya ke dalam file yang berisi gambar pantai. Caranya sebagai berikut.

  • Pastikan file dengan gambar motor pada keadaan aktif, klik pen tool (P) pada toolbox, kemudian lakukan seleksi secara mendetail.
  • Setelah proses seleksi selesai, aktifkan tab Pathyang terdapat pada palet layer.
  • Pilih make selectionsdengan cara mengeklik kanan mouse work path.

    Image yang telah dilakukan proses path

    Image yang telah dilakukan proses path

5) Memindahkan hasil pathke dalam gambar pantai.

  • Aktifkan move tool pada toolbox.
  • Drag hasil path ke dalam gambar pantai dengan move tool.

    Hasil pemindahan image path

    Hasil pemindahan image path

6) Menambahkan teks ke dalam gambar dengan cara klik type tool, atau tekan T pada keyboard, kemudian akan muncul kursor yang berarti Anda boleh mengetikkan teks. Teks yang Anda ketikkan otomatis akan membentuk layer baru pada layer palette.

Hasil penempatan teks pada image

Hasil penempatan teks pada image

7) Untuk lebih memperindah teks yang telah dibuat, Anda dapat memanfaatkan fasilitas Layer Style, dengan mengeklik kanan tombol mouse, kemudian pilih style yang Anda inginkan.

Jendela Layer Style

Jendela Layer Style

Sebagai contoh berikut hasil poster yang telah diberi teks dengan menggunakan fasilitas layer style.

Hasil akhir poster

Hasil akhir poster

8) Menyimpan poster yang telah Anda buat ke dalam komputer dengan cara klik File > Save Aspada Menu Bar. Pada kotak file name, ketikkan nama untuk dokumen poster Anda. Misalnya album. Kemudian pilih format filenya sesuai dengan format file yang Anda inginkan dan klik Save.

Kotak dialog Save As

Kotak dialog Save As

Kata Kunci :

cara kampanye poster,cara membuat poster dengan photoshop,artikel tentang cara membuat poster dengan adobe photoshop,tutorial membuat poster layanan masyarakat photoshop,presentasi power point tentang photoshop,ppt materi membuat poster dengan photoshop,membuat poster menggunakan adobe photoshop,ide untuk menambahkan informasi dalam membuat poster,contoh poster kegiatan osis menggunakan adobe photoshop,contoh poster dari adobe
Cara Membuat poster menggunakan Adobe Photoshop | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs