Apa Saja Fungsi Komponen Yang Ada Dalam CPU Komputer

Apa Saja Fungsi Komponen Yang Ada Dalam CPU Komputer – Pengertian Komponen CPU adalah bagian-bagian yang terdapat pada CPU (Central Processing Unit) yang memiliki fungsi untuk menjalankan perintah dari perangkat lunak atau sistem operasi seperti windows dan lain-lain.

Apa Saja Fungsi Komponen Yang Ada Dalam CPU Komputer

Apa Saja Fungsi Komponen Yang Ada Dalam CPU Komputer

It-artikel.com – Fungsi CPU secara khusus adalah melakukan tugas sesuai perintah perangkat lunak dan memproses data dari memori atau informasi dari perangkat keras lain yang terhubung secara langsung seperti Keybord atau mouse.

1. Motherbord

Motherbord merupakan komponen induk yang ada dalam CPU yang berfungsi sebagai induk seluruh komponen sekaligus penghubung antar satu komponen dengan kompunen lain agar semua perangkat (komponen) dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk menghubungkan komponen pada induk (motherbord) telah tersedia tempat atau slot untuk memasukkan komponen tersebut seperti slot VGA, Memory (RAM), Prosessor, Power Supply dan lain-lain

2. Processor

Processor merupakan otak atau pengendali sistem atau sebuah Chip berupa IC (Integrated Circuit) yang berfungsi mengontrol seluruh sistem komputer dan di dukung komponen lain untuk bisa menampilan hasil eksekusi yang dilakukan processor.

3. Fan/Cooler Processor

Fan atau kipas processor berfungsi sebagai pendingin pada saat procesor bekerja. Sebagian besar pengguna komputer pemula terkadang kurang memahami pentingnya pendingin ini dan cendrung diabaikan. Padahal memiliki fungsi cukup vital terutama untuk memastikan komputer berjalan dengan baik

4. Power Supply

Power Supply pada CPU sebagai penyuplay arus listrik menuju komponen-komponen yang terdapat dalam CPU sekaligus mengubah tegangan dari AC menjadi DC.

5. RAM (Random Acses Memory)

RAM merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi tempat menyimpan data sementara pada sebuah komputer dan kedudukannya sangat penting. Seelain sebagai penyimpanan RAM juga berfungsi untuk membaca data, karena itu semakin kapasitasnya akan semakin cepat untuk membaca data yang tersimpan didalamnya. Untuk penggunaannya RAM dibtuhkan arus listrik sehingga saat komputer sedang berjalan dan tiba-tiba listrik mati maka semua data yang tersimpan akan terhapus.

6. VGA

VGA (Video Graphics Array) sering juga disebut Video Card, display adapter, graphics card berfungsi untuk menampilkan proses data pada CPU lewat layar monitor. Sebenarnya tanpa vga juga komputer sudah bisa hidup dengan 5 komponen seperti yang telah disebutkan diatas.

Untuk memastikan CPU atau komputer sudah berjalan (hidup) hanya diperlukan 3 kompunen utama yaitu motherbord, Processor, Ram dan power supply, sedangkan lainnya hanya tambahan untuk menyempurnakan komputer berjalan sesuai keinginan, misalnya ditambah hardisk agar bisa menyimpan data atau komponen lain seperti VGA yang berfungsi menampilkan pada layar monitor dan lain-lain.

Sekian dan terima kasih atas perhatian dan kunjugannya. Semoga artikel dan informasi pada hari ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan anda mengenai komputer.

Kata Kunci :

artikel operasi dasar komponen komputer,Mengenal operasi dasar komputer,mengenali dasar sistem windows
Apa Saja Fungsi Komponen Yang Ada Dalam CPU Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs