7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer

Friday, November 11th, 2016 - Praktik Dasar Komputer

7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer – Alhamdulillah sobat dimana saja berada pada kesempatan ini kami dari tim it-artikel akan membuat artikel dengan judul 7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer,  cara ini bisa membantu Anda agar komputer yang Anda gunakan dapat bekerja secara maksimal, sebenarnya artikel ini hanya untuk menambah pengetahuan mengenai Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet. Mari Kita samakan persepsi terlebih dahulu, jika Anda menggunakan komputer dengan Processor Pentium 4 seperti Saya, jangan berasumsi bahwa kecepatan komputer Anda akan berubah sama seperti komputer berprocessor Core i5 atau i7 itu sangat mustahil, kecuali jika Anda mengganti processornya terlebih dahulu.

7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer

7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer

Anda pasti merasa kesal jika komputer yang Anda gunakan baik di Kantor maupun di Rumah tiba-tiba sangat lambat (lemot), ini merupakan hal yang wajar karena Saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti Anda, kinerja komputer menjadi lambat bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah cache komputer yang terlalu banyak, temporary file dan bisa juga disebabkan oleh serangan virus. Baik tanpa harus panjang lebar langsung saja Kita simak  7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer berikut ini.

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat proses Startup.

Proses Startup merupakan proses awal komputer Anda akan masuk pada Sistem Operasi Windows, jika pada proses banyak aplikasi yang dijalankan, maka secara otomatis kinerja sistem saat pertama kali masuk akan terasa berat dan lambat, hal ini sangat tidak dianjurkan dikarenakan kerja sistem yang terbebani untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan saat Startup.

Untuk mengatasi hal tersbut, silahkan matikan aplikasi yang tidak digunakan saat proses Startup dengan cara sebagai berikut.

  1. Klik Tombol Start => Run => Lalu Ketikkan MSCONFIG => ENTER
  2. Maka akan muncul kotak dialog System Configuration Utility, Anda akan menjumpai beberapa tab pada kotak dialog tersebut, klik tab Startup maka akan tampil semua aplikasi yang dijalankan pada saat proses Startup.
  3. Silahkan hilangkan centang pada kolom Startup Item kemudian jika Anda sudah yakin tekan Apply untuk mengaplikasikan, biasanya sistem akan minta restart untuk mengaplikasikan setting yang sudah Anda lakukan.

2. Hapus Temporary File pada komputer.

Temporary File yang terdapat dalam sistem dapat mempengaruhi kinerja dari komputer yang mengakibatkan komputer menjadi lelet. Temporary File adalah file-file yang penggunaannya hanya bersifat sementara dan tidak permanen dan menjadi berlebihan sekali setelah program selesai digunakan. File temporary tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.

Idealnya, Temporary File harus segera dihapus setelah keluar dari program. Tapi ini tidak selalu terjadi, menyebabkan ruang disk yang akan terus bertambah dan lama-kelamaan bisa memenuhi harddisk dan tentunya memperlambat kinerja Windows itu sendiri.

Untuk menghapus Temporary File pada sistem sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Klik Tombol Start => Run => Lalu Ketikkan temp => ENTER
  2. Maka akan muncul semua file-file temporary yang sudah dibuat oleh sistem, silahkan hapus file tersebut secara berkala untuk mengurangi space yang terdapat dalam harddisk agar kinerja komputer dapat lebih optimal.

3. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

Terlalu banyak mengintall aplikasi pada komputer dapat menyebabkan kinerja komputer Anda semakin melambat, apalagi spesifikasi komputer yang Anda gunakan tidak sesuai dengan aplikasi yang Anda install, misalnya komputer Anda hanya berprocessor pentium IV, dan Anda menginstal aplikasi design seperti Solidwork, 3D Max, dan Corel Draw X6 maka Saya jamin komputer Anda akan terasa berat atau bahkan sering mengalami hang.

Untuk penggunaan aplikasi pada komputer sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki, jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang kecil sebaiknya jangan terlalu banyak menginstal aplikasi pada komputer Anda, silahkan uninstall (hapus) aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mempercepat kinerja komputer Anda.

Untuk melakukan Uninstall Aplikasi pada komputer Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Tombol Start => Control Panel => Double Click Add or Remove Programs
    Semua aplikasi yang sudah Anda install pada komputer akan muncul, silahkan klik aplikasi yang Anda ingin hapus kemudian klik uninstall dan ikuti langkah-langkah selanjutnya (biasanya hanya tekan tombol next terus hingga finish) tunggu beberapa saat hingga proses uninstall aplikasi benar-benar selesai.

4. Matikan Visual Effects pada Windows.

Tampilan Visual yang ada pada komputer Anda memang sangat memanjakan mata, tapi taukah Anda bahawa proses tersebut ternyata sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer dan jika Anda terlalu banyak mengaktifkan berbagai macam efek pada komputer, maka komputer Anda akan terasa berat dan kinerja sistem komputer Anda tidak akan optimal.

Untuk menonaktifkan Visual Effects pada Windows sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik Tombol Start => Klik Kanan My Computer => Pilih Properties => Pilih Tab Advanced => Klik Setting pada bagian Performance => Maka akan keluar kotak dialog Performance Options => Pada tab Visual Effects
  2. pilih opsi Adjust for best performance => Apply.

Sebenarnya ada beberapa opsi yang terdapat pada kotak dialog Visual Effects yaitu :

Let Windows choose what’s best for mycomputer
Adjust for berst appearance
Custom
Anda bisa memilih sesuai selera Anda, akan tetapi saya merekomendasikan untuk menggunakan opsi 3 yaitu Adjust for best performance agar sistem komputer Anda bisa bekerja jauh lebih optimal.

5. Lakukan Disk Clean Up dan Disk Defragment secara berkala.

Melakukan Disk Clean Up dan Disk Defragment secara berkala merupakan salah satu Tips Cerdas Merawat Komputer yang sudah pernah saya tulis pada update sebelumnya. Disk Clean Up adalah aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak digunakan lagi, situs resmi Microsoft menyebutkan fungsi Disk Clean Up pada salah satu artikelnya yaitu “to delete files you no longer need and reclaim storage space on your PC”, sedangkan Disk Defragment adalah sebuah program untuk membantu merpaihkan penempatan data di dalam harddisk, setelah rapih efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi. Defragment merupakan tool bawaan Sistem Operasi Windows. Fungsi Defragment adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write. Dengan demikian, beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Cara melakukan Disk Clean Up dan Disk Defragment:

  1. Klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Cleanup
    Setelah Anda klik Disk Cleanup, maka akan muncul kotak dialog Select Drive, silahkan pilih drive yang akan Anda lakukan Clean Up kemudian tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog Disk Cleanup for (Drive yang Anda pilih tadi) kemudian centang semua pilihan pada kotak file to delete kemudia tekan OK dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.
  2. Klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter
    Saat menjalankan fungsi ini sebaiknya tutup semua aplikasi, agar proses penataan dapat berjalan secara optimal. Untuk melakukan Disk Defragment, silahkan pilih Drive yang akan dilakukan penataan filenya kemudian pilih Defragment.

6. Gunakan bantuan Software lain.

Selain mempercepat komputer pada saat pertama kali dinyalakan atau booting, dengan menggunakan software pihak ketiga ini juga bisa meningkatkan kinerja komputer, banyak sekali software tweking yang dapat membantu merawat komputer Anda agar tetap memiliki performa yang handal. Berikut adalah beberapa Software yang dapat membantu Mempercepat Kinerja Komputer Anda.

TuneUp Utilities adalah perangkat lunak tambahan yang dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil risiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerja komputer, selain itu juga mampu menghapus data pada harddisk hingga benar-benar tidak berbekas lagi serta berbagai macam pekerjaan perbaikan lainnya. Fitur Turbo Mode juga diklaim dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan. (wikipedia.org)

CCleaner adalah software utility gratis yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya tool untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh browser saat berselancar di internet. Software ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak membebani resource komputer saat beroperasi, namun hal ini dikompensasi dengan minimnya fitur yang tersedia jika dibandingkan dengan produk sejenis dengan lisensi berbayar.

Perangkat ini dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd. dan didesain untuk beroperasi pada sistem Microsoft Windows. CCleaner disediakan gratis untuk para pengguna komputer, sehingga Piriform memerlukan donasi untuk mengembangkan program ini. CCleaner tersedia dalam 35 bahasa nasional berbagai negara di dunia dan rencananya untuk versi-versi yang akan datang akan ditambah lagi. (wikipedia.org)

Speed up My PC, Software ini memiliki beberapa fitur yaitu System Tweak yang diklaim bisa meningkatkan kecepatan Internet juga. Speed Tools berfungsi untuk meningkatkan kecepatan windows dan waktu loading sofware, Junk Files untuk membersihkan file-file sampah atau temporary seperti internet history dll. Jadi aplikasi ini tentu akan sangat membantu untuk meningkatkan kinerja komputer anda.

7. Scan komputer menggunakan Antivirus.

Antivirus adalah software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus – antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware – malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Saat ini banyak sekali perusahaan pengembang Antivirus baik lokal maupun internasional yang rajin mengeluarkan update terbarunya, hal ini dikarenakan perkembangan virus yang semakin banyak dan beragam. Beberapa waktu lalu TopTenREVIEWS merilis Daftar Antivirus Terbaik Dunia yang dapat Anda gunakan untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus.

Jika Anda sudah menerapkan beberapa tips diatas, pasti Anda akan merasakan perbedaan yang ditunjukkan oleh sistem komputer Anda, hal ini dikarenakan file-file yang membebani sistem mulai berkurang, sehingga performa komputer yang Anda gunakan bekerja lebih optimal.

Sekian dulu update mengenai 7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer, semoga bisa bermanfaat untuk Kita semua amin ya rabbal alamin

7 Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs