Cara Mencegah Virus Dari Internet

Tuesday, November 29th, 2016 - Pengertian Dasar Internet dan Intranet

Cara Mencegah Virus Dari Internet – Alhamdulillah sahabat pada malam hari ini saya akan memberikan update terbaru dari artikel kami dengan judul Cara Mencegah Virus Dari Internet.Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri [1] dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara Mencegah Virus Dari Internet

Cara Mencegah Virus Dari Internet

 

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Yups! Salah satu jenis virus dari internet merupakan perangkat lunak yang mencurigakan yang bisa merusak suatu sistem atau network. Tujuan virus ini adalah untuk mendapatkan informasi dari korban seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain, sehingga diperoleh hak akses dari korban. Hiiiii Atuuuut! :-

Salah satu cara virus masuk ke komputer kita adalah dengan melewati file yang kita download. So waspadalah hati-hati saat download file.

Berikut Tata Cara Mencegah Virus Internet Sebagai Beikut

  1. Memilih situs yang benar-benar dapat dipercaya untuk melakukan download. Jangan pernah melakukan download secara sembarangan yang berasal dari seseorang atau situs yang mencurigakan.
  2. Memastikan bahwa file yang dikirimkan belum pernah dibuka oleh orang lain.
  3. Mewaspadai file-file yang ekstensinya disembunyikan.
  4. Memastikan bahwa di dalam laptop atau komputer tidak ada program yang berjalan secara otomatis atau mode file preview.
  5. Jangan selalu merasa aman bila di laptop atau komputer terpasang software antivirus.
  6. Pastikan bahwa Anda tidak melakukan download program executable “check it out” kerena ini adalah sebuah virus. Jika program ini dijalankan maka otomatis laptop atau komputer akan terserang virus.

Demikianlah artikel tentang Cara Mencegah Virus Dari Internet,  semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Kata Kunci :

pengertian dasar internet
Cara Mencegah Virus Dari Internet | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs