Cara Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum

Sunday, November 13th, 2016 - Operasi Dasar Komputer

Cara Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum – Alhamdulillah sabahat dimana saja berada pada kesempatan ini kami akan men-update  artikel kami dengan judul Cara Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum yang  jadikan sebagai tambahan referensi untuk belajar komputer.

Jika Anda termasuk orang yang baru belajar komputer, maka tutorial kali ini sangat cocok sekali untuk Anda, karena Anda akan dipandu mulai dasar sekali mengenai komputer, seperti definisi komputer, pembagian komputer, sistem komputer, pengertian software, hardware dan brainware dan masih banyak lagi. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda akan benar-benar dipandu dari awal. Baiklah tanpa harus panjang lebar, langsung saja deh Kita mulai pembahasannya

Mengenal Dasar - Dasar Komputer Secara Umum

Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum

  1. Pengertian Komputer

Pembahasan pertama Kita mulai dengan pengertian komputer terlebih dahulu, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau yang biasa kita kenal dengan hitung-hitungan, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir semua berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer saat ini dipakai untuk keperluan banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Orang yang mendesain salah satu mesin hitung pertama (mesin analitikal) adalah Charles Babbage. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer. Jadi singkatnya pengertian komputer bisa dirangkum sebagai berikut.

Komputer adalah perangkat alat elektronik yang mampu mengolah data untuk menyajikan informasi yang diinginkan.
Sebelum melanjutkan pembahasan materi mengenai pengenalan komputer ini, apakah Anda sudah tau bagaimana cara mengoperasikan komputer yang baik? kalo masih belum baca dulu artikel Saya mengenai hal tersebut yang sudah Saya tulis di blog ini juga.

2. Pembagian Komputer

Nah sekarang sudah tau kan pengertian komputer yang sebenarnya, sekarang Kita lanjutkan pembahasannya mengenai pembagian komputer. Secara garis besar, komputer dibagi menjadi tiga bagian yaitu Hardware, Software, dan Brainware.

Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari unit input (Pengisian/pengambilan data, contoh: Keyboard, Mouse, Scanner), unit proses (Pemroses data (RAM/ROM), Control Unit, Arithmetic & Logical unit) dan unit output (Bagian pengeluaran data. Contoh: Monitor, Disk Drive & Printer).

Software adalah perangkat lunak komputer untuk mengkontrol perangkat keras (hardware). Software bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori antara lain:

  1. Sistem Operasi (Operating Sistem) : Ms. DOS, Windows, MAC OS, dan Linux.
  2. Program bantu (Utility) : Anti Virus, PC Tools dan Windows Explorer.
  3. Program Siap Pakai (Aplikasi) :
  4. Pengolah Kata (word processor) : WordStar, WordPerfect, Ms. word.
  5. Pengolah Angka (spread sheet) : Lotus, Excel, Quattro Pro.
  6. Pengolah Data (database) : Dbase, FoxPro, Ms Access.
  7. Pengolah Citra (gambar) : CorelDraw, 3DStudio, Adobe Photoshop.
    Compiler / Interpreter : Pascal, Delphi, Visual Basic, Visual FoxPro.

Brainware adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang mengurusi komputer tersebut. Dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan tugasnya antara lain :

  1. Operator : Bertugas mengoperasikan komputer.
  2. Programmer : Bertugas membuat program siap pakai.
  3. System Analyst : Bertugas menganalisa dan merancang sistem komputer perusahaan.
    Jadi jika dirangkum dalam bahasa singkat mungkin pengertiannya bisa seperti pada kotak dibawah ini.
  4. Hardware adalah perangkat keras komputer,
  5. Software adalah perangkat lunak komputer, dan
  6. Brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer.

3.Pengertian Sismtem Komputer

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

4. Perkembangan Komputer

Komputer dari sejak awal dibuatnya sampai dengan sekarang telah banyak mengalami banyak sekali bentuk perubahan dan penyempurnaan kegunaannya. Tahun 1930 merupakan tahun dimana konsep dari komputer serba guna menjadi bagian dari lahirnya komputer modern masa kini dimulai dengan perkembangan perangkat keras (hardware) yang menuntut pula perkembangan penggunaannya di dalam perangkat lunak (software) serta penggunanya (brainware). Sejarah perkembangan hardware komputer dari berbagai generasi dapat dijelaskan seperti berikut:

a. Generasi Komputer Pertama (1946 – 1959)

Komputer generasi pertama dibuat dengan sangat sederhana dengan bentuk ukuran fisik yang besar, membutuhkan tenaga listrik yang besar dan menggunakan komponen hampa udara (vacuum tube), contoh MARK I, IBM 702 dan UNIVAC II.

b. Generasi Kedua (1959 – 1965)

Pada generasi ini dikembangkan penggunaan teknologi transistor dan bahasa tingkat tinggi sebagai bahasa komputer pertama sehingga mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan generasi pertama, misal NCR 300, GE 200 dan IBM 7080.

c. Generasi Ketiga (1965 – 1970)

Komputer pada generasi ketiga dibuat dengan menggunakan teknologi IC atau yang biasa disebut sebagai chip sehingga listrik yang dibutuhkan pun lebih hemat dan mempunyai memory sampai dengan ratusan karakter serta penggunaan magnetik disk yang berkapasitas besar, seperti UNIVAC 9000 dan Burroughs 7700.

d. Generasi Keempat (1970 – 1995)

Pada generasi keempat penggunaan IC dikumpulkan dan dipadatkan di dalam Chip sebagai rangkaian IC yang terpadu sehingga memungkinkan pembuatan kecerdasan buatan dalam komputer untuk teknologi simulasi dan sensor, misal IBM 370 dan APPLE II.

e. Generasi Kelima (Present & Beyond)

Pada generasi kelima ini sudah dipergunakan teknologi Web dan browser untuk pengolahan dan penyampaian informasi secara real time berbasis grafik dan tanpa kabel, seperti Nokia9210, raveMP Player, Ms. Reader, Apple G4 dan sebagainya.

5. Konfigurasi Sistem Komputer

Secara garis besar seperti yang yang sudah dijelaskan diatas, konfigurasi atau cara kerja sistem komputer terdiri dari unit input, unit proses dan unit output. Yuk Kita pelajari bagaimana cara kerjanya mulai dari inputan yang Anda masukkan kemudian diproses dengan sedemikian rupa dan akhirnya menghasilkan laporan yang Anda butuhkan, langsung saja Kita mulai pembahasannya.

1. Unit Input

Unit Input dalam sebuah komputer merupakan suatu bagian yang berperan sebagai media penerima masukan dari user. Unit ini merupakan Gate (gerbang) dimana melalui unit ini user akan memasukkan/memberikan perintah-perintah yang nantinya akan diolah oleh unit lain sehingga pada bagian akhir akan didapatkan suatu hasil yang sesuai keinginan user.

Macam-macam unit input antara lain:

a. Keyboard (papan ketik)

Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan kinerja saklar ON-OFF yang diterapkan dalam sekumpulan tombol. Bila salah satu tombol ditekan maka tombol tersebut akan memberikan arus listrik ke papan ketik sehingga dalam proses berikutnya arus ini akan diolah menghasilkan suatu tulisan/karakter di layar.

b. Mouse

Merupakan suatu alat yang digunakan untuk menerima masukan selain karakter. Biasanya alat ini digunakan untuk menggambar. Prinsip kerja alat ini adalah gerakan yang dibuat oleh user akan direkam oleh bola untuk kemudian dibagi menjadi gerakan vertikal dan horisontal oleh gear vertikal/horisontal sehingga akan dapat diukur oleh sensor seberapa jauh perpindahan yang harus ditampilkan di layar.

2. Unit Proses

Unit proses merupakan bagian utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data-data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan menggunakan logika (arithmetic logic unit – ALU). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak tepat di tengah bagian utama (main board) dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.

3. Unit Output

Unit output adalah unit keluaran, jika data sudah Anda inputkan, maka data akan diproses kemudian akan ditampilkan baik ke monitor atau layar komputer maupun kertas.

a. Monitor

Bagian akhir dari sebuah komputer adalah unit display yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan komputer.

b. Printer

Unit output lain dari komputer adalah printer yang merupakan bagian terpisah dari sebuah PC yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data pada media seperti kertas dengan menghasilkan pola-pola tertentu.

Nah itulah artikel  Cara Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum, sampai jumpah lagi pada pokok pembahasan yang lain.tentunya erat kaitannya dengan dunia komputer

Kata Kunci :

artikel tentang dasar komputer
Cara Mengenal Dasar – Dasar Komputer Secara Umum | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs