Pengertian Perangkat Keras atau Hardware Komputer Seacara Umum

Friday, November 4th, 2016 - Artikel Komputer

Pengertian Perangkat Keras atau Hardware Komputer Seacara Umum – Pada Kesempatan ini sahabat saya akan menulis sebuah artikel dengan Judul, Pengertian Perangkat Keras/hardware komputer atau yang disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang memiliki sifat bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Untuk mudahnya ingat saja kalo perangkat itu bisa dipegang, bisa dilihat dengan jelas oleh mata, dan bisa diraba maka itu adalah hardware komputer, bagaimana mudah bukan untuk mengingatnya.

Pengertian Perangkat Keras atau Hardware Komputer Seacara Umum

Pengertian Perangkat Keras atau Hardware Komputer Seacara Umum

1. Pengertian Hardware Komputer Lengkap

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan sebelumnya, atau yang disebut juga dengan istilah intruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka perangkat keras tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang dapat di tentukan oleh pemberi perintah.

Hardware komputer dan Software komputer diperlukan agar komputer dapat bekerja. Setiap komputer memiliki spesifikasi hardware komputer yang berbeda, tetapi ada beberapa komponen dasar yang umum yang harus dimiliki sebuah unit komputer sebagai syarat minimal.

2. Pembagian Perangkat Komputer

Pembagian perangkat komputer secara umum dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

1. Input Device : Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Untuk lebih mempermudah pengertian dari input device, perhatikan ringkasan berikut.

Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data, misalnya keyboard, Mouse, Scanner, Joystik, lightpen, CD/DVD/Ploppy/Flash Drive dll.
Unit Proses: Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU).
CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu

  • Arithmetic and Logic Unit (ALU)
  • Control Unit
  • Registers
  • CPU Interconnections

a. Arithmetic and Logic Unit (ALU)

Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Unit Logika dan Aritmatika. Bagian ini mempunyai tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin. ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu

arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.

b. Control Unit

Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

c. Registers

Registers (jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register) merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam
registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.

d. CPU Interconections

CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU. Komponen internal CPU diantaranya

  • Arithmetic and Logic Unit (ALU),
  • Control Unit,
  • Registers, dan
  • CPU Interconnection.

Sedangkan komponen eksternal CPU diantaranya

  • sistem memori utama,
  • sistem masukan/keluaran (input/output),
  • dan sistem-sistem lainnya.

Komponen perangkat keras komputer yang mendukung pemrosesan data, meliputi Chipset processor, RAM, Kartu grafis, Hard disk dll.

2. Output Device, merupakan perangkat keras komputer Output untuk melihat hasil dari input dan pemrosesan data, misalnya: Layar LCD, Monitor CRT, Printer dan Plotter

Perangkat keras komputer terdiri dari elemen elektronik dan mekanik dari sebuah komputer. Perangkat keras atau hardware komputer ini meliputi unit sistem yang memiliki komponen seperti motherboard, CPU, chipset, hard disk, RAM, Video Card dan Soundcard. Perangkat keras ini juga mencakup peripheral yang digunakan untuk input, output dan penyimpanan data.

3. Macam-macam Perangkat keras Komputer dan Fungsinya

Macam-macam perangkat keras komputer tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula, secara garis besar macam-macam perangkat keras komputer dibedakan dalam 3 kategori atau komponen seperti yang disebutkan diatas.
Fungsi Perangkat keras komputer diperlukan untuk mendukung kerja komputer. Sebagai contoh Macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya dijelaskan dibawah ini :

  1. CPU atau processor bertugas melakukan proses dan mengelola informasi, processor biasa disebut sebagai otak dari sebuah komputer.
  2. Internal bus berfungsi menghubungkan motherboard ke video card dan Soud card,
    PCI bus berfungsi menghubungkan perangkat keras komputer.
  3. Northbridge dan dan southbridge adalah bentuk inti logika chipset, yang mengendalikan pertukaran informasi antara hard disk dan komputer. Northbridge menghubungkan southbridge ke komputer, dan keduanya menentukan seberapa cepat sistem dapat mengakses memori.
  4. Bus eksternal dikendalikan oleh southbridge atau PCI bus. Chipset digunakan untuk komunikasi antara CPU dan memori.
  5. RAM atau Random Acces Memory (memori akses acak) berfungsi menyimpan dan memproses informasi ketika komputer diperintahkan untuk bekerja. RAM lebih cepat daripada hard disk, tapi tidak stabil, hal ini berarti RAM hanya menyimpan informasi sementara dan semua informasi akan hilang ketika Power komputer dimatikan. Jenis-jenis RAM adalah SRAM dan DRAM.
  6. BIOS Basic Input Output System dan terdiri dari firmware. Firewire menghubungkan sebuah kamera video digital ke komputer. SATA hard disk drive menghubungkan ke komputer, sementara eSATA adalah SATA eksternal.
  7. Hard disk drive terdiri dari kepingan piring dengan permukaan magnetik berfungsi menyimpan informasi yang sedang tidak diproses. Sifat hard disk adalah non-volatile, arinya menyimpan informasi secara permanen dan informasi tidak hilang pada saat kegagalan daya. Jenis-jenis hard drive yaitu IDE dan SATA.
  8. Removable drive termasuk drive CD-ROM berfungsi membaca CD, DVD-ROM drive adalah pembaca DVD, dan BD-ROM drive berfungsi membaca Blu-Ray disk. Sebuah CDRW drive berfungsi menulis atau dapat menyimpan data pada kepingan CD digunakan untuk Memback-up file. DVDRW adalah menulis atau menyimpan data pada DVD kepingan DVD, sedangkan DVD-RAM juga menulis pada DVD tetapi mendukung lebih penulisan ulang dari DVD Writer-. Beberapa komputer lama masih memiliki floppy disk drive sebagai pembaca floppy disk, dan USB flash drive adalah pembaca memori flash, memiliki ukuran kecil, ringan dan portable.
  9. Kartu grafis berfungsi memberikan informasi ke layar, dan digunakan untuk membuat grafik pada komputer. Sebuah monitor CRT atau LCD, menampilkan gambar dan video dari komputer dengan memanipulasi warna piksel pada layar.
  10. Soundcard memainkan file suara, menghasilkan suara untuk speaker, dan menerima suara sebagai masukan dari mikrofon. Output audio speaker seperti musik dan efek suara.
    Nah sekarang bagaimana kawan, apakah sudah paham apa pengertian hardware dan apa sih bedanya dengan software. Ingat saja Hard = keras dan Soft = lunak pasti bakalan lebih mudah untuk membedakannya.

Demikian artikel yang singkat ini, muda-mudahan bisa dijadikan refernsi dalam mengenal perangkat keras atau hardware komputer secacara umum, sampai jumpa lagi pada pokok permasalahan yang lain tentunya berkaitan dengan dunia komputer

Pengertian Perangkat Keras atau Hardware Komputer Seacara Umum | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs