Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Thursday, November 3rd, 2016 - Artikel Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya – Pada kesempatan penullis akan mencoba membuat satu artikel tentang Pengertian Sistem Operasi komputer beserta Contohnya, Pengertian Sistem Operasi Komputer sebenarnya sudah sering kali dibahas oleh pakar-pakar komputer baik secara online maupun secara offline, akan tetapi pengertian tersebut hanyalah sekilas saja, dan jika Anda membutuhkan pengertian yang lebih lengkap mengenai sistem operasi, maka Anda bisa membaca sedikit tulisan ini untuk bahan referensi Anda. Bisa Anda jadikan sebagai makalah sistem operasi maupun hanya tugas komputer saja. Baiklah tanpa harus panjang lebar, mari Kita kupas pengertiannya secara lengkap dan detail.

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

 

  • Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan hardware. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying)

Sinyal digital adalah hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner), sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah, cepat dan akurat, tetapi transmisi dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.

Sedangkan secara umum pengertian sistem operasi adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber-daya pada sistem komputer.

Berbeda lagi menurut om Wikipedia sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.
sistem operasi komputer menurut wikipedia

Sistem operasi atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

  • Bagian Sistem Operasi Komputer

Secara umum sistem operasi dibagi menjadi 5 bagian yaitu :

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  4. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

Fungsi Sistem Operasi adalah sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file.

Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

  • Contoh Sistem Operasi Komputer

Sebenarnya hingga saat ini sudah banyak sekali yang mengembangkan sistem operasi, baik itu untuk komputer maupun sistem operasi handphone. Seperti yang saat ini sedang naik daun yaitu sistem operasi besutan raksasa search engine dunia Google Inc yaitu Android OS dan pesaingnya Windows OS, MAC OS dan Blackberry OS. Untuk lebih jelasnya berikut Saya sertakan contoh dari sistem operasi.

Sistem operasi utama yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC, komputer personal, notebook) terbagi menjadi 3 kelompok besar yaitu :

Keluarga Microsoft Windows – yang biasa disebut sistem operasi windows antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).

Keluarga Unix yang lebih dikenal dengan sistem operasi linux saat ini menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.Nah sekarang apakah sudah mulai memahami pengertian sistem operasi komputer? Jika sudah jangan lupa untuk membaca referensi artikel yang lainnya ya kawan

Kata Kunci :

sistem yang bertugas mengalokasikan sumberdaya dari perangkat
Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya | admin | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status top technology sites Technology Blogs