Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer

Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer – Alhamdulillah pada siang hari ini kembali kami akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer. Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer

Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer

 

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.

Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Tahukah kalian kalau jaringan komputer pertama kali diciptakan ketika para ahli matematika kuno dulu menghubungkan sempoa mereka dengan benang layang-layang sehingga mereka dapat saling membagi hasil perhitungan sempoa mereka secara instan. Tahun semakin berlalu, jaringan komputer menjadi semakin rumit. Saat ini sudah tidak menggunakan menggunakan benang lagi, namun menggunakan kabel listrik, kabel fiber, atau bahkan sinyal gelombang radio untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Tujuannya sama dengan sempoa tadi, yaitu men-share informasi dan membuat pekerjaan makin cepat.

Sebuah network adalah tidak lain dari dua atau lebih koputer yang saling terhubung untuk saling bertukar informasi, seperti pesan e-mail atau dokumen, atau bahkan men-share sumber (penyimpanan disk, atau printer). Umumnya, koneksi ini dihubungkan melalui kabel listrik yang membawa informasi dalam bentuk sinyal listrik. Namun, dalam beberapa kasus, berbagai tipe koneksi juga digunakan.

Contohnya, kabel fiber optik yang menghubungkan dua komputer dengan membawa informasi dalam bentuk sinyal cahaya. Karena data yang dibawa dalam bentuk cahaya tentu kecepatan membawa infomasinya juga jauh lebih cepat. Ada pula jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel membuat komputer-komputer saling berkomunikasi dengan sinyal gelombang radio. Sehingga komputer tidak dibatasi oleh kabel fisik.

Selain perangkat keras, jaringan juga memerlukan software khusus untuk memungkinkan berkomunikasi. Dulunya, orang harus menambahkan software ke setiap komputer pada network secara manual. Namun saat ini, network support dibangun untuk semua sistem operasi, seperti Windows, Mac, Linux, dll.

Demikialah artikel tentang  Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai ketemu lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Cara Memahami Pengertian Jaringan Komputer | admin | 4.5
Leave a Reply