Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik

Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik – Alhamdulillah dan selamat pagi, dipagi yang indah ini kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala. Dalam artikel sebelumnya mengenai memori kita sudah membahas secara sekilas bahwa RAM adalah termasuk memori yang bersifat sementara / temporer. Berikut Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik sebagai berikut :

Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik

Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik

 

1. Kapasitas RAM

Untuk bermain game, pastinya Anda harus memilih RAM dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan RAM komputer biasa. Untuk komputer gaming, Anda bisa memilih kapasitas RAM yang lebih besar. Semaiin besar kapasitas RAM maka semakin baik kinerja sistem pada komputer dan juga aplikasi yang dijalankan. Untuk meningkatkan kinerja komputer gaming, Anda bisa menambah kapasitas RAM komputer tersebut. Jika Anda menggunakan Windows 8 maka RAM yang dibutuhkan untuk komputer gaming minimal Anda harus menggunakan RAM sebesar 4GB. Jika RAM yang Anda gunakan lebih dari 4GB maka kinerja komputer gaming akan semakin bagus, terutama untuk memainkan game-game berat.

2. Type RAM

Ada banyak tipe RAM yang bisa digunakan untuk komputer gaming. Beberapa tipe RAM untuk komputer gaming diantaranya DDR2 RAM, SDRAM, DDR3 RAM dan DDR4 RAM. Dari masing-masing type RAM tersebut, kecepatan yang dimiliki juga berbeda. Anda bisa memilih RAM jenis DDR3 dan DDR4 karena kedua type RAM tersebut sangat baik untuk permainan game.

3. Kecepatan RAM

Anda bisa memilih type RAM yang memiliki kecepatan lebih tinggi. Mengapa demikian? Sama halnya jika ada lomba lari, ada beberapa peserta yang berlomba menuju suatu tempat. Kecepatan lari masing-masing perserta tentu berbeda, dan salah satu peserta yang berlari lebih cepat maka dialah yang menang dan cepat sampai ke tujuan. Demikian juga dengan kecepatan RAM, semakin cepat RAM maka semakin nyaman Anda bermain game.

a. Interface/Slot/Socket Interface

Untuk bagian ini anda harus perhatikan betul, apa bila anda salah dalam memilih RAM tentunya uang yang anda keluarkan akan sia siap , karena barang yang sudah di beli tidak bisa di kembalikan hehe. Jadi usahakan dalam memilih RAM sesuaikan dengan Slot yang mendukung motherboard komputer atau laptop kamu , sebagai contoh misalnya saja Laptop atau komputer kamu support slot DDR 2 maka anda harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR2 , jika anda belikan dengan menggunakan DDR 3 tentunya nanti tidak pass slotnya dan akan sia sia RAM yang anda beli karena tidak terpakai.

b. Motherboard

Untuk yang satu ini, anda harus perhatikan juga , memilih motherboard komputer terbaik sebenarnya hampir sama dengan SLOT pada RAM, tapi jika kita berpatokan pada motherboard maka RAM kita pilih harus menyesuaikan dengan support socket pada motherboard yang kita miliki. Sebagai contoh misalnya saja Motherboard Makasimal dual channel 8 GB kecepatan 1333 MHz , nah jika anda memasang RAM 16 GB dengan kecepatan 1866 Mhz maka tentunya motherboard tidak sanggup untuk bekerja dengan maksimal dan tidak stabil.

c. Merek RAM

Anda bisa memilih merek RAM pc terbaik yang sudah dikenal dan digunakan gamer. Dipasaran memang banyak merek dan type RAM yang bisa Anda pilih, sayangnya hanya beberapa merek saja yang benar-benar berkualitas. Sekalipun harga RAM tidak begitu mahal, pastikan Anda membeli RAM yang berkualitas. Semakin baik merek RAM maka semakin baik performa dan kinerjanya.

d. Budget Anda

Jika Anda memiliki budget yang lebih besar, Anda bisa membeli RAM sebesar 12 GB hingga 16 GB untuk dipasang pada komputer gaming. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin mahal harganya, namun Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat bermain game atau menjalankan aplikasi lainnya. Jika budget Anda minim, Anda bisa menyesuaikan budget dengan kapasitas RAM yang bisa mendukung permainan game Anda sekalipun kapasitasnya tidak sebesar 12GB. Kapasitas RAM minimum yang bisa digunakan untuk gaming sekitar 4GB.

Demikianlah artikel tentang Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Cara Memilih Ram Komputer yang Terbaik | admin | 4.5
Leave a Reply