Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar

Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar – Alhamdulillah sahabat pengguna komputer dimanapun berada, pada malam hari ini kami akan memberikan update artikel dengan Judul Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar. Untuk sekarang sangat jarang orang yang bisa memperbaiki hardisk komputer baik internal maupun hardisk ekternal, untuk itulah dibutuhkan namanya perawan perangkat keras yang satu ini. berikut tata Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar sebagai berikut :

Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar

Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar

 

1.  Jangan mematikan komputer secara paksa

Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar.cara merawat hardisk

2. Gunakan stabilizer untuk pc

Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data kamu yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam.

3. Jangan terlalu banyak software yang berjalan pada hardisk

nah ini berlaku untuk komputer dan laptop yang spesifikasi nya masih low, karna jika anda menggunakan banyak software yang tidak terpakai, hardisk daripada komputer atau laptop anda akan cepat panas, dan tentunya memperpendek umur hdd anda.

4. Cara merawat hardisk dengan menjaga kapasitas hardisk anda

jangan sampai kapasitas hardisk anda di biasakan full dengan file lebih baik anda membeli hardik cadangan atau eksternal jika banyak data yang menurut anda penting namun kapasitas hardisk sudah penuh.

5. Defrag hardisk secara rutin

Seiring dengan penggunaan, data-data di hardisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa hardisk menurun. Untuk menghilangkan fragmen tersebut maka kamu perlu melakukan defrag ketika dibutuhkan. Kamu bisa melakukannya ketika fragmentasi sudah mencapai diatas 10%. Namun usahakan jangan terlalu sering melakukan defrag karena hal ini juga bisa mengurangi umur hardisk jika dilakukan secara berlebihan.

Demikialah artikel tentang Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar, semoaga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua sebagai pengguna komputer amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di it-artikel.com

Cara Merawat Hardisk Komputer Dengan Benar | admin | 4.5
Leave a Reply